Jelang Lebaran Idul Fitri, Kades Taja Mulya, Bagikan Pada 83 KPM Terima BLT DD Tahap 1

Daerah, Sosial342 Dilihat

Laskarmedia.com, Banyuasin- Menjelang hari raya idul Fitri, Pemerintah Desa (Pemdes) Taja Mulya di Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kategori untuk warganya yang termasuk miskin ekstrem, BLT ini untuk tahap pertama di Bulan Januari, Februari, dan Maret di Tahun Anggaran 2023, Pada Selasa (18/4/2023) Penyaluran BLT tersebut di kantor desa setempat.

Kepala Desa Taja Mulya Supandi Usman menjelaskan untuk BLT-DD Tahun 2023 ini dengan BLT Tahun sebelumnya sedikit berbeda kalau di Tahun sebelumnya adalah BLT karena pandemi Covid-19, Pada Tahun 2023 merupakan BLT percepatan penghapusan masyarakat miskin ekstrim, Katagori Rentan miskin, Warga yang mengalami Sakit parah menahun dalam pemenuhan ekonomi sehati-hari kekurangan.

”Ya.. BLT ini Kalau di Tahun sebelumnya adalah BLT karena adanya Covid-19, KalauTahun 2023 ini BLT untuk mempercepat memberantas kemiskinan, BLT sudah ditentukan minimal 10 persen dan maksimal 25 persen dari pagu Dana Desa,” kata kades tiga periode ini.

Lanjutnya BLT Tahun ini bukan untuk pandemi Covid-19, melainkan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, untuk di Desa Taja Mulya sendiri ada 83 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Desa kami ada 83 KPM Masing-masing KPM akan menerima untuk tiga bulan yakni Januari, Februari, dan Maret menerima Rp.900.Ribu Kami Pemdes berharap kepada KPM, BLT ini dapat diperuntukkan semaksimal mungkin di Memanfaatkan dan semoga penyaluran BLT ini bisa meringankan beban ekonomi bagi para KPM,” ungkap Ketua Forum Kades Kecamatan Betung.

Perlu di ketauhi, Pemerintah Pusat, Daerah maupun Desa untuk menurunkan kemiskinan ekstrem. Kebijakan pemberian BLT Dana Desa, bagi keluarga miskin ekstrem, merupakan amanat dari intruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Persentase BLT DD itu, diatur dalam peraturan menteri keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang pengelolaan BLT.

“Hari ini kami salurkan dan membagikan BLT di Tahap pertama, pada KPM yang memang masuk kategori miskin eksrem sesuai hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus),” tutupnya