Tergelincir Saat Laksanakan Patroli Di PPK Kecamatan Susua, Kapolres Nias Selatan Mandi Lumpur

Berita44 Dilihat

Laskarmedia.com, Nias Selatan — Lemahnya jaringan internet adalah salah satu hambatan yang dihadapi oleh beberapa petugas PPK di beberapa kecamatan di Kabupaten Nias Selatan. Hal ini membuat kesulitannya para petugas PPK menginput data hasil suara ke aplikasi sirekap pasca pemungutan suara di TPS.

Tidak terkecuali PPK Susua, yang juga mendapatkan hambatan kesulitan jaringan internet sehingga selalu mendapat hambatan saat melakukan input data ke sistem aplikasi sirekap. Bukan hanya itu saja. 

Medan jalan akses yang harus ditempuh menuju kecamatan susua sangat ekstrim dan memprihatinkan.jalanan berbukit dan berbatu, serta Medan terjal berlumpur dan menyeberangi beberapa sungai yang harus dilalui sepeda motor atau kendaraan mobil khusus untuk bisa sampai ke kecamatan ini.

Untuk memantau kegiatan rekapitulasi hasil suara pemilu 2024 di kecamatan susua, Kapolres Nias Selatan AKBP Boney Wahyu Wicaksono, S.I.K ditemani oleh Bupati Nias Selatan Dr.Hilarius Duha, Ketua KPU Nias Selatan, Danlanal Nias Kolonel Laut (P) Wishnu Ardiansyah, S.E., M.Tr Hanla., M.M., CHRMP, Ketua KPU, dan Ketua Bawaslu melaksanakan patroli dan terjun ke kecamatan susua, Rabu (21/02/2024).

Dalam video yang beredar, terlihat Kapolres Nisel ditemani Bupati Nias Selatan beserta Danlanal Nias mengendarai sepeda motor jenis trail melewati jalan berlumpur dan berbatu licin. Hal ini dilakukan untuk mengetahui dan memastikan berjalannya kegiatan rekapitulasi suara di PPK Susua dengan aman dan lancar. Dan tak jarang dilihat dalam video, Kapolres Nisel, Bupati Nias Selatan serta Danlanal Nias terjatuh dari sepeda motornya. Dan terlihat juga baju dinas yang mereka gunakan penuh dengan lumpur.

Setelah sampai di PPK Susua, Kapolres Nisel berkoordinasi dengan personil polres Nisel yang sedang melaksanakan pengamanan di PPK Susua tersebut, dan memang susahnya jaringan internet di susua adalah salah satu hambatan yang sedang dihadapi. Sehingga solusi yang diberikan KPU Nisel agar melakukan penghitungan secara manual, dan saat ini masih menunggu formulir PDF RW yang akan digunakan dalam pelaksanaan pleno. Sembari personil polres Nias selatan memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat setempat untuk bersabar dan menunggu rapat rekapitulasi karena adanya hambatan yang dlsedang di selesaikan. Tentunya semua harus saling menjaga ketertiban dan keamanan selama berada di seputaran kantor PPK, dan jangan termakan oleh isu hoax yang beredar yang kebenarannya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

“Adalah tugas dan komitmen Polri untuk memastikan kegiatan pemilu 2024 khususnya di susua berjalan dengan baik, aman dan lancar. Dan memang sudah menjadi tanggung jawab saya meskipun akses yang ditempuh untuk sampai ketempat ini cukup sulit” kata Kapolres Nisel.

Kapolres Nias Selatan dalam pelaksanaan kegiatan memberikan himbauan kepada para PPK, Panwaslucam dan personil yang melakukan pengamanan agar dalam pelaksanaan penghitungan perolehan suara supaya tetap berdasarkan juknis dan aturan yang telah ditetapkan KPU RI dan apabila ada kendala tetap melakukan koordinasi secara berjenjang.

Kegiatan monitoring PPK Susua berjalan dengan aman dan lancar, sekembalinya rombongan di teluk dalam kabupaten Nias selatan dalam keadaan sehat.

(LM-014/Humpolnisel)