Seorang Pengungsi Afghanistan Lakukan Aksi Bakar Diri di Medan

Laskarmedia.com, Medan--Seorang pengungsi asal Afghanistan melakukan aksi bakar diri di depan Gedung Plaza CIMB Niaga Jalan Imam Bonjol, Medan, Sumut, Selasa (30/11/2021) pagi.

Akibatnya, pengungsi pencari suaka yang belakangan diketahui bernama Ahmadsyah itu dilarikan ke RSU Siloam yang berada tepat di depan gedung CIMB Niaga tersebut.

Informasi yang dihimpun, korban awalnya hendak menerobos masuk ke dalam gedung untuk berdialog langsung dengan perwakilan Badan PBB untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) dan organisasi internasional untuk imigran (IOM) yang berkantor di gedung tersebut.

Niat korban untuk masuk sempat dihalangi petugas. Namun korban yang diperkirakan telah menyiram tubuhnya dengan cairan yang mudah terbakar, menyulut api sehingga tubuhnya terbakar.

“Api sempat membakar sekujur tubuhnya,” kata Ridwan, salah seorang saksi mata.

Sementara itu, rekan korban sesama pengungsi, Zuma Mohsini, menyebutkan, korban nekad melakukan aksi bakar diri lantaran depresi. Hal itu setelah mereka luntang-lantung di Indonesia selama lima tahun terakhir menunggu penempatan di negara ketiga.

“Sudah lima tahun di Indonesia, banyak dari kami yang depresi. Dia juga melakukan itu karena mungkin sudah depresi,” sebutnya.

Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Kepolisian maupun UNHCR dan IOM terkait insiden tersebut.

Sebelumnya diketahui, puluhan pengungsi pencari suaka asal Afghanistan bertahan di depan Gedung Plaza CIMB Niaga Medan sejak beberapa hari terakhir. Mereka membangun tenda dan menginap di depan gedung tersebut. (LM-009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *