Pangdam IM Bersama Kapolda Aceh dan Asisten III Aceh Ikuti Rapat Virtual Bersama Presiden RI

Laskarmedia.com Banda Aceh – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayjen TNI Niko Fahrizal, M.Tr.(Han). bersama Kapolda Aceh Irjen Pol Drs Achmad Kartiko SIK MH dan Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretaris Daerah Aceh Iskandar A.P. menghadiri rapat secara Virtual bersama Presiden Joko Widodo tentang Meeting Grand Launching aplikasi pelayanan perijinan penyelenggaraan event di Polda Aceh, Senin (24/06/24).

Pemerintah kini mengintegrasikan perizinan penyelenggaraan event secara digital sebagai salah satu prioritas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Alhamdulillah, setelah kerja kolaboratif beberapa waktu, layanan digital penyelenggaraan event bisa dirampungkan. Ini bukan sistem baru, bukan aplikasi baru, tapi memadukan sistem yang sudah eksisting, yaitu OSS di Kementerian Investasi dan Presisi di Polri,” ujar Presiden Joko Widodo.

Layanan digital izin penyelenggaraan event ini merupakan hasil kolaborasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian PANRB, Polri, dan BUMN. Selama masa uji coba ini, Pemerintah meminta masukan dari pelaku industri event agar layanan digital ini benar-benar berorientasi pada kepuasan pengguna.

Presiden Joko Widodo mengatakan, mengingat potensinya yang luar biasa besar dalam menggerakkan ekonomi. “Bisa triliunan rupiah per tahun menurut data Kementerian Parekraf. Kita juga tahu banyak orang Indonesia nonton konser di luar negeri. Kalau izin event semakin mudah, kita tidak hanya bisa mencegah devisa lari ke luar negeri, tapi juga dapat menggaet wisatawan mancanegara untuk datang ke ke Indonesia,” ujar
Presiden RI.

Selanjutnya Presiden RI bersama hadirin lainnya melakukan penenkanan tombol sirine bertanda di mulainya event secara digital sebagai salah satu prioritas Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. (LM- 025)