Pelaksanaan Musrenbangdes Tahun 2023 Desa Geudong -Geudong  Sukses

Berita67 Dilihat

 

Laskarmedia. com. Bireuen  – Musrenbangdes adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan berikutnya 2024

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan musrenbang desa di antaranya adalah rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Desa, kinerja implementasi rencana tahun berjalan serta masukan dari peserta yang menggambarkan permasalahan dan tantangan nyata yang sedang dan akan dihadapi.

Demikian paparan yang disampaikan Keuchik Gampong Geudong – Geudong, Fachrial dalam sambutannya pada acara Musrenbangdes Jumat 15-12-2023 Sore di Kantor Keuchik Gampong tersebut.

Prosesi pelaksanaan Musrenbangdes dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) untuk Tahun 2024 dihadiri Camat Kota Juang Musni Syahputra,SIP,M,ec.Dev.

Camat Kota Juang mengapresiasi prosesi pelaksanaan Musrenbangdes Geudong Geudong yang sesuai harapan yaitu menyerap aspirasi masyarakat lengkap dan terukur dengan data lengkap.

Camat berterima kasih kepada peserta Musrenbangdes  yang telah menetapkan usulan, memperhatikan azas manfaat, kemendesakan, dan betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga hasilnya dapat dirasakan secara optimal oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan dalam implementasi Rencana Pembangunan Jangka menengah Desa (RPJM-Desa). Perencanaan Desa Tahun 2024 yang merupakan dari Program kegiatan RPJM-Desa ..

Musyawarah perencanaan pembangunan desa ini merupakan rangkaian acara penyusunan RKP-Desa yang dimulai dari Proses Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Tahunan yang telah dilaksanakan yang lalu.

Kegiatan tersebut dihadiri pihak kecamatan, Pemerintah Desa beserta staf, kepala desa , Peutuha Tuha Peut beserta anggota, Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Bhabinkabtibmas, Bhabinsa, tokoh  agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh wanita

Sementara ketua Tuha Peut,Suherman Amin sebelumnya menyebut tujuan Musrenbang desa ini untuk menampung aspirasi masyarakat yang diperoleh dari musyawarah perencanaan pada tingkat dusun, menetapkan prioritas kegiatan desa yang akan dibiayai oleh Alokasi Dana Desa,atau sumber pendanaan lainnya serta menetapkan prioritas kegiatan yang akan diajukan untuk dibahas pada Musrenbang Kecamatan.

Diharapkan, kegiatan Musrenbang desa ini  bisa menampung aspirasi masyarakat untuk gampong lebih maju.

” Kami menghimbau kepada yang hadir, silahkan saja apa yang ingin nantinya di usulkan, pemerintah desa akan menampung aspirasi usulan tersebut yang mana menjadi prioritas,”Katanya.

Dan semua usulan -usulan masyarakat  tidak ada batasannya sebab dengan adanya usulan usulan,,  Pemdes bisa menampungnya . Dan usulan  tidak berbenturan dengan apa yang menjadi prioritas penggunaan dana desa, itu silakan saja,nanti pemerintah desa akan menindak lanjutkan ke musrenbang tingkat kecamatan.

,“ Siapa lagi yang akan membangun desa kalau bukan kita sendiri. Mari lah kita bersama-sama mengembangkan desa kita dengan inovasi-inovasi untuk pembangunan ke depannya guna kemakmuran desa kita”.

Kita juga mengharapkan agar ke depannya dengan melakukannya Musrenbangdes ini tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga tidak ada dusta di antara kita “tutupnya”. ( LM  067)