Media Massa Fungsinya. Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers

Berita65 Dilihat

Laskarmedia.com Karawang – Ketika menjalankan perannya, media massa harus memperhatikan dan mengingat fungsinya. Berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers, media massa berfungsi untuk menginformasikan, mendidik, menghibur, dan pengawasan sosial (social control) pengawas perilaku publik dan penguasa Organisasi media sebagai sebuah organisasi yang bekerja untuk pengelolaan dan produksi media. Pada umumnya di industri media, organisasi kerjanya dibagi menjadi dua yaitu divisi perusahaan dan divisi redaksi.Selasa, (23/4/2024)

Media komunikasi berfungsi untuk dapat mengkomunikasikan dan menyebarluaskan pesan kepada komunikan sebagai sasaran informasi”

Ketua Umum AJIB Suryanto mengatakan, Legalitas AJIB (Asosiasi Jurnalis Internasional Bersatu ) sudah sudah terdaftar di Kementerian hukum dan hak manusia republik Indonesia Nomor AHU – 0001275.AH.01.07. tahun 2024. Notaris H.Rudi Taufan,S.H.,M,Kn.

Dikatakan Suryanto Legalitas adalah sumber informasi bersifat resmi yang didalamnya memuat informasi terkait usaha yang didirikan dalam rangka memudahkan siapa saja yang memerlukan segala jenis data mengenai dunia usaha dan pendirian usaha serta kedudukannya. Izin dapat didefinisikan sebagai bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak berwenang atas penyelenggaraan suatu kegiatan usaha oleh pengusaha atau Perusahaan

“ AJIB bukan hanya Grup di WA tapi sudah memiliki badan hukum yang sah.” Ungkapnya.

Ketua Umum AJIB Berharap dengan adanya legalitas AJIB akan terus memajukan Fungsi media massa cukup penting dalam perkembangan komunikasi yang terjadi di dalam masyarakat. Dengan mengacu pada perkembangan telnologi informasi, media massa merupakan alat transportasi komunikasi massa yang dapat menyebarkan sebuah berita atau informasi dengan jangkauan yang lebih luas, cepat dan efisien.

Serta dapat menjadi wadah komunikasi organisasi, bisa dilihat sebagai sebuah wadah, suatu proses, dan sebuah sistem untuk mencapai tujuan. Mengingat Kemajuan manusia yang berkembang dengan cepat juga memengaruhi perkembangan komunikasi organisasi. Perkembangan komunikasi organisasi yang cukup pesat diiringi dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, fungsi komunikasi organisasi dalam perkembangan teknologi cukup besar. Selain itu, komunikasi organisasi sebagai salah satu interaksi sosial mempunyai peranan yang besar dalam kehidupan manusia karena sangat dibutuhkan dalam berbagai aspek kehidupan.”Ungkapnya.

Ketua umum AJIB menegaskan, Akan segera mendeklarasikan AJIB agar pablik mengetahui legalitas, struktur organisasi serta Visi dan Misi AJIB.” pangkasnya.(lm139)