Protes Jalan Rusak,  Warga Mancing di Kubangan, Lihat Aksinya

Daerah, Pembangunan758 Dilihat

Laskarmedia.com, Muara Enim- Sebagai bentuk protes jalan rusak, warga mancing ikan di kubangan jalan rusak di Tebat Rumung, Desa Tebing Abang menghubungkan Desa Sri Tanjung, Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT), Kabupaten Muara Enim, Sumsel.

Warga melakukan aksi memancing ikan di jalan berlubang yang digenangi air hujan sebagai bentuk kekesalan warga terhadap Pemerintah Kabupaten Muara Enim, yang tak menaruh perhatian terkait kondisi jalan yang sampai saat ini belum diperbaiki. 

“Kondisi kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung sangat lama,” kata Tokoh Pemuda Semende Raya, Ludi Juliansyah, SP ketika dikonfirmasi awak media,  Selasa 2 Mei 2023.

“Bahkan Kabupaten Muara Enim ini sudah 5 kali terjadi pergantian bupati tetapi akses Tebat Rumung Desa Tebing Abang yang menghubung Desa Sri Tanjung belum juga dilakukan perbaikan,” lanjut dia 

Kurangnya perhatian Pemerintah terhadap pembangunan infrastruktur akses Jalan Tebat Rumung Desa Tebing Abang yang menghubungkan Desa Sri Tanjung, sangat disayangkan.

Karena jalan tersebut satu-satunya akses jalan penghubung antar desa.

Selain itu, jalan tersebut juga sebagai sarana petani untuk mengeluarkan hasil bumi dan anak-anak yang hendak menuju SMP Negeri 4 dan keperluan lainnya.

Memang, kata dia, di jalan tersebut ada pembangunan drainase saluran air. Namun fungsinya, air tidak mengalir secara optimal.

“Jika turun hujan deras dipastikan jalan Tebat Rumung tergenang air dengan kedalaman mencapai 30 cm,” katanya.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk memprioritasakan pembangunan apa yang menjadi harapan masyarakat.

“Semestinya pembangunan infrastruktur itu skala prioritas sehingga anggaran pembangunan tidak terkesan mubazir,” pintanya.

Kemudian aspirasi masyarakat yang dititipkan kepada anggota DPRD Muara Enim agar diperjuangkan di pembahasan RAPBD.

Namun pembangunan yang sifatnya segera tidak terakomodir. Alangkah baiknya jika Pemerintah sendiri melalui OPD terkait turun langung untuk melihat kondisi di lapangan.

Sementara itu, anggota DPRD Kabupaten Muara Enim Dapil IV dari Fraksi Nasdem, Kasman MA, mengatakan bahwa dirinya sudah menerima keluhan dari masyarakat terkait akses Jalan Tebat Rumung Desa Tebing Abang.

Dikatakannya, jalan itu selalu digenangi air jika terjadi turun hujan dan tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, karena kerusakannya terlalu dalam.

“Kita berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk ditindaklanjuti dan kita minta apabila tahun ini dilakukan perbaikan agar pekerjaanya secara benar-benar dan kontraktornya bekerja secara profesional bukan berkerja asal jadi,” katanya

Kasihan masyarakat dan anak-anak yang hendak berangkat ke sekolah selalu terhambat karena terjebak oleh genangan air,” tegasnya.

(LM-028)