Pemko Jadi Saksi Penandatanganan Berita Acara Tanggal Operasi Komersial Fase A KPBU SPAM

Berita197 Dilihat

Laskarmedia.com, Pekanbaru – Pemko Pekanbaru melaksanakan penandatanganan Berita Acara Tanggal Operasi Komersial Fase A proyek kerjasama pemerintah dengan Badan Usaha Pengembangan Sistem Penyediaan air Minum (KPBU SPAM) kota Pekanbaru, di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jalan Kayu Manis, Tampan, Pekanbaru, Jumat (30/9/2022).

Penandatangan berita acara tanggal operasi komersial fase A KPBU SPAM ini dihadiri Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil, Asisten 2 Pemko Pekanbaru El Syabrina, Kabag Ekonomi Mus Alimin. Dari pihak PDAM Tirta Siak hadir Direktur PT. PP Tirta Madani Reza Adnan, Direktur PDAM Tirta Siak Agung Anugrah serta OPD terkait.

Dalam sesi wawancara, Direktur PT PP Tirta Madani Reza Afnan mengatakan pihaknya menargetkan pergantian pipa PDAM dari pipa lama ke pipa baru di Pekanbaru, akan rampung dalam 5 tahun ke depan, yakni tahun 2027.

“Untuk pembaharuan pipa pembangunannya secara bertahap dan akan diselesaikan dalam 5 tahun ke depan (2027). Jadi seluruh pipa yang ada akan diganti,” katanya.

Reza Afnan menambahkan, sesuai dengan lingkup kerja sama selama 25 tahun, pihak PP Tirta Madani bertugas memastikan kualitas, kuantitas dan kontinuitas dari pengolahan air minum untuk kebutuhan masyarakat.

Reza Afnan melanjutkan proses pengerjaan penggantian dari pipa lama ke pipa baru sudah dimulai sejak 2021-2026, maka pada tahun 2027 seluruh pipa PDAM sudah mengoperasikan pipa yang baru.

“Dengan demikian, dari pihak Perumda Tirta Siak akan lebih memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk memenuhi aspek 3K itu,” Ungkapnya.

Reza menambahkan, untuk nilai investasinya sebesar Rp500 miliar yang mana para investor terdiri dari perusahaan pemegang saham PP Tirta Madani, pemerintah, termasuk dari sumber modal dari pinjaman oleh instansi finansial.

“Untuk tahun ini, kami sudah membangun kapasitas 500 liter per detik, jaringan pipa proses penggantian selama 5 tahun untuk menggantikan 100% jaringan pipa yang ada,” ucapnya.

“Tahun 2026 kami akan membangun instalasi yang baru dengan kapasitas 250 liter per detik, untuk menyuplai kebutuhan air bersih dan air minum di Pekanbaru sebesar 750 liter per detik,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PDAM Tirta Siak Agung Anugrah menjelaskan tahap pertama proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Sistem Penyediaan Air Minun (SPAM) Kota Pekanbaru sudah rampung dan sudah bisa mengcover sekitar 60.000 penduduk di Kota Pekanbaru.

Ia mengatakan pembangunan untuk Proyek KPBU SPAM ini dilakukan secara 6 tahap. Adapun tahap pertama sudah selesai karena proses pembangunan sudah dimulai sejak Juli 2021 hingga September 2022.

“Sekarang pipa yang sudah terpasang ada di area Sukajadi dan Payung Sekaki. Totalnya nanti, jika seluruh proses pembangunan pipa sudah selesai, maka akan terpasang jaringan pipa air bersih di 7 kecamatan yaitu Pekanbaru Kota, Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Limapuluh dan Bukit Raya,” ujar Agung.

Ia mengatakan untuk tahap awal ini memang belum semua kecamatan, karena memang baru tahap awal saja yang selesai. Karena untuk pembangunannya itu adalah 6 tahun.

“Tahap awal inikan sudah selesai, masyarakat juga sudah bisa menikmati air minum tersebut. Tinggal hubungi Customer Care kita saja di nomor 0895618630845. Bahkan dalam rangka COD proyek ini ada diskon 30 persen. Dari harga Rp1.850.000 menjadi Rp1.295.000 saja,” ungkapnya.

Dewan Pengawas Perumda Tirta Siak El Syabrina mengatakan pihaknya akan mengambil langkah untuk mengimbau kantor kedinasan di Kota Pekanbaru untuk menjadi pelanggan Tirta Siak.

“Di satu tahun pertama ini, ada 199 liter per detik air yang diproduksi, itu harus kita serap dan harus dibeli, untuk itu perlu ada peran pemerintah untuk mendorong masyarakat untuk mulai menggunakan air yang diproduksi melalui proyek KPBU SPAM ini,” ujar Asisten II Setdako Pekanbaru ini.*

(LM-103/ Adi Kampai)