MAN NAGEKEO RAYAKAN UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA 

Pembangunan152 Dilihat

 Laskarmedia.com,Mbay-Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, MAN NAGEKEO melaksanakan Upacara, pada tanggal 01 Oktober 2022, di Lapangan MAN Nagekeo.

“Upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila ini, penting untuk dilaksanakan agar siswa memahami perjuangan para pendahulu dalam mempertahankan Pancasila dari rongrongan PKI”, ungkap Vera Kartina, Kepala MAN Nagekeo.

Selain Kepala Madrasah, hadir dalam upacara peringatan tersebut , Para Wakil Kepala Madrasah, semua guru dan pegawai, serta seluruh siswa/siswi MAN Nagekeo.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Vera Kartina Kepala MAN NAGEKEO, Komandan Upacara, Destrian Nazahudin Pua Surabaya wakil ketua OSIS MAN Nagekeo. Sedangkan Pembawa Acara Sri Suryani Mimah dan Pembaca Ikrar Siti Nurmayanti AS, siswa Kelas XI IPA MAN Nagekeo.

Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila di MAN Nagekeo, berlangsung khidmat, terutama saat dibacakan ikrar yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Ikrar.
Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:
“Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara, 
bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, maka dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaksian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MAN Nagekeo,mengikuti Tema Nasional yaitu “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

Julia Safitri siswa Kelas X IPS 1, mengungkapkan rasa haru mengikuti upacara peringatan hari kesaktian Pancasila setelah mengetahui sejarah tentang upaya mempertahankan Pancasila dari rongrongan PKI.

“Saya merasa terharu, atas perjuangan mempertahankan Pancasila dari upaya untuk menjatuhkan Pancasila oleh PKI”, terang Julia.

Upacara diakhiri dengan doa, yang dipimpin oleh Rifda Ali, siswa kelas XII Agama.(LM/132).