Kapolda Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK Pimpin Rapat, Ini Pesan dan Arahannya

Daerah43 Dilihat

Laskarmedia.com, Palembang- Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo,SIK didampingi Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M.Zulkarnain,SIK,Msi memimpin rapat pimpinan yang berlangsung di Ruang Vicon Lt. 2 Gedung Utama Presisi Mapolda Sumsel Jalan Jenderal Sudirman KM 4 Palembang Rabu 8 Mei 2024.

Usai kegiatan saat dimintai keterangan Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID AKBP Suparlan SH,MSi mengatakan agenda penting dalam tersebut terkait rencana pembersihan lahan (land clearing) di lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT. Bumi Sawindo Permai (BSP) yang berada dalam wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Operasi Produksi PT. Bukit Asam Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul seluas 34 Ha oleh PT. Bukit Asam ungkapnya.

Dalam rapat tersebut, Kapolda Sumsel memberikan arahan kepada jajaran, terkait beberapa hal penting serta mendengarkan penyampaian dan informasi dari Kapolres Muara Enim serta PJU Polda Sumsel 

Selanjutnya menekankan kepada Satwil jajaran antisipasi Libur Panjang dan Kesiapsiagaan personel jajaran Polda Sumsel menghadapi libur panjang, terkait Harkamtibmas tambahnya 

Selain itu Kapolda menekankan Kejajaran setelah menganev hasil sidak ke Polrestabes Palembang untuk mengecek kesiapsiagaan personel yang piket, serta perketatan pengamanan di Mako serta kehadiran Polri ditengah kegiatan masyarakat.

Menurut Suparlan Kapolda menekankan masalah Harkamtibmas Selama Libur Panjang serta Pengamanan kegiatan masyarakat selama libur panjang, termasuk di pusat hiburan, tempat wisata, dan area rawan seperti jembatan yang rentan ambruk ucapnya.

Dalam arahannya Kapolda juga menekankan kepada Satwil untuk monitoring Proyek Strategis Nasional dan permasalahannya dilapangan diantaranya Antisipasi terhadap pungli, kendala ganti rugi lahan, dan penanganan setiap permasalahan yang muncul terkait proyek strategis nasional jelasnya.

Kapolda juga mengatakan Penanganan Banjir, upaya penanganan serta bantuan dan kehadiran Polri ditengah masyarakat terdampak banjir, serta memastikan informasi dan aksi cepat tanggap terhadap kejadian tersebut.

Selain itu Kapolda menekankan Antisipasi Permasalahan Sosial: Mengatasi masalah-masalah sosial seperti peredaran narkoba terkait dengan aktivitas hiburan masyarakat, serta penanganan konflik potensial di wilayah.

Selain arahan dari Kapolda, Kabidhumas dan Wakapolda Sumsel serta beberapa PJU juga menyampaikan informasi terkait dengan langkah-langkah konkret yang perlu dilakukan untuk menghadapi situasi tersebut.

Pesan dari Kapolda Sumsel menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan keamanan dalam setiap proses pembersihan lahan serta proyek strategis nasional. Seluruh langkah yang diambil harus memperhatikan keamanan masyarakat dan menghindari potensi gangguan keamanan yang bisa muncul tandasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Feri Handoko Soenarso, S.H., S.I.K.Karoops Polda Sumsel Kombes Pol. Muhammad Anis Prasetio Santoso, S.I.K.,M.Si.Dirintelkam Polda Sumsel Kombes Pol. Iskandar F. Sutisna, S.I.K.,M.Si. Dirreskrimum Polda Sumsel Polda Sumsel Kombes Pol. Muhammad Anwar Reksowidjojo, S.H., S.I.K.Dirreskrimsus Polda Sumsel diwakili Kasubdit Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumsel AKBP Bagus Suryo Wibowo, S.I.K.; Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol. Sofyan Hidayat, S.I.K., M.M, Dansatbrimob Polda Sumsel Kombes Pol. Susnadi, S.I.K.;Kabidhumas Kombes Pol. Sunarto,AKBP Rifka,S.I.K.,Kapolres Muara Enim (mengikutsertakan PJU terkait dan mengikuti secara virtual dari wilayah)para Kapolres/tabes jajaran Polda Sumsel mengikuti secara virtual. (LM-036)