Giat Penyuluhan, Pemdes Pandan Bagi Beni Padi dan Pupuk

Daerah55 Dilihat

Laskarmedia.com, Pali – Setelah penuh penantian oleh masyarakat untuk pembangunan di desanya, akhirnya Pemerintah desa Pandan kecamatan Tanah Abang, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir ( PALI) tahun anggaran 2024. Mengelar kegiatan dalam rangka ketahanan pangan.

Pembukaan Kegiatan penyuluhan peningkatan produksi pertanian dan penyerahan bibit padi dan pupuk kepada masyarakat dilaksanakan di halaman Rumah Kepala Desa (Kades) Pandan, Selasa (14/05/2024). Oleh Plt Camat Tanah Abang diwakili Kasubag Umum Kepegawaian Ated Diono SM.

Kegiatan dihadiri Plt Camat Tanah Abang, BPD serta Perangkat Desa, Bhabinkamtibmas Gaboktan, ketua kelompok tani dengan pemateri dari Dinas Pertanian dan Tenaga Ahli P3MD kabupaten Pali.

Kades Pandan Sahrunisar menyampaikan kegiatan ini merupakan momentum pengadakan beni Padi dan Pupuk sebagai langka awal karena petani kita mengalami gagal akibat musibah banjir di desa kita ini.

Beliau juga menambahkan pentingnya kegiatan ini, nantinya ada paparan dari Dinas Pertanian, semoga apa yang disampaikan nanti bisa menjadi pencerahan bagi kita semua.

“Dibalik musibah ini semoga ada hikmahnya” harapan kades pada saat menyampaikan sambutan.

Selanjutnya Paparan meteri dari Dinas Pertanian yang disampaikan Apri Engga SP menerangkan ada dua untuk meningkatkan produksi yang pertama terkait teknis dan Non Teknis.

“Ada dua faktor meningkatkan Produksi kita, baik teknis maupun non teknis” ungkap penyuluh pertanian ahli muda dan koordinator BPP Tanah Abang.

Beliau uraikan terkait non teknis, adanya upaya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah dan jangan lupa kewajiban.

Ditambahkan untuk faktor teknis yang harus diperhatikan keadaan tanah, tanamanan perlu pupukan untuk di perhatikan tepat dosis, tepat carah dan tepat waktu termasuk tanam dan panen.

“Terima kasih kepada Kades Pandan yang peduli dan mendukung petani dalam meningkatkan produktifitas” ujarnya mengakhiri papaparan.

Diakhir acara Pemdes Pandan menyerahkan bibit Padi dan Pupuk kepada masyarakat petani desa Pandan (LM-036)