Gelar Karya Bermakna Budayakan Duniaku Dengan Kearifan Lokal

Berita63 Dilihat

Laskarmedia. come Karawanr – Dalam Proyek Penguatan Propil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka”Gelar Karya Bermakna Budayakan Duniaku Dengan Kearifan Lokal Dalam Proyek Penguatan Propil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar Negeri Nagasari IV Gelar Karya projek penguatan Profil pelajar pancasila (P5).
Kearifan lokal menjadi Budayaku Duniaku Dalam kurikulum Merdeka (24/11/2023)

Endang pengawas dari Bina pendidikan kabupaten Karawang Jawa Barat dalam penjelasannya Bahwa”P5 dalam kurikulum merdeka singkatan dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada para peserta untuk berkarya mengamati lingkungan sekitar
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar.

Proyek ini dilakukan untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar pancasila.Penerapan P5 ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat atau permasalahan di lingkungan satuan pendidikan. Artinya, para pelajar diajak untuk belajar dari lingkungan sekitar terangnya

Salah satunya P5 , tema Gelar karya dengan kearifan lokal merupakan bagian dalam kurikulum merdeka ini ,artinya budaya budaya yang kita miliki terjaga dan dilestarikan serta menghargai terus melestarikannya.
Seperti contoh makanan khas dilingkungan sendiri ada kicimpring, kue lapis,lepet dan lain lainnya.

“Artinya ciri khas kearifan lokalnya tidak hilang tetap terjaga lestari dan siapa yang menjaganya ya kita kita ini para orang tua harus mengajarkan kepada anak atau siswa didik agar tahu dan bisa cara Membuatnya,
dan menjadi bekal buat anak didik kita ,siapa tau kedepan kicimpring tidak di kumsumsi lokal saja bisa mendunia ketika suatu saat anak anak kita memiliki keahlian dalam penyajian ataupun kemasan juga mampu memasarkannya ke berbagai Negara Terang Nina Pengawas Endang.(lm139)