Dipo Nusantara Dan Harapan Baru Bagi Petani Oki One.

Daerah, Ekonomi297 Dilihat

LaskarMedia.Com, Mbay — Pada kunjungan perdana di kelurahan Dhawe Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo,Dipo Nusantara Pua Upa mengajak para petani di Keluarahan Dhawe yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Oki One untuk mengoptimalkan lahan kering yang berada di kawasan Oki One menjadi lahan yang produktif. Dengan luas kawasan sebesar 22 Ha, diharapkan dapat menumbuhkembangkan holtikultura sebagai penyangga kebutuhan sayur perkotaan.

“Jika dilihat dari topografi, maka Kawasan Oki One sangat cocok dibangun sumur bor. Dengan pembangunan sumur bor, sehingga kawasan seluas 22 hektar tersebut bisa dikembangkan semuanya diantaranya jenis tanaman holtikultura. Kalau Kawasan Oki One ini dikelolah semuanya, maka wilayah ini akan menjadi daerah penyangga pertanian di Kabupaten Nagekeo lebih khusus kebutuhan sayur mayur perkotaan”.Demikian disampaikannya di Oki One Dhawe pada Kamis 28 Oktober 2021.

Hadir dalam kunjungan tersebut Anggota DPRD Provinsi NTT Mersy Piwung, yang didampingi Sekretaris Lurah Dhawe Oswaldus Ea Siga Taa, dan juga anggota kelompok tani Oki One.

Sebagai sekertaris Kelurahan Dhawe, Oswaldus Ea Siga Ta’a mengatakan bahwa minimnya sarana prasarana pertanian (Alsintan) yang dimiliki para petani, merupakan salah satu faktor penghambat dalam memaksimalkan potensi lahan tidur yang tersedia.

“Para petani dalam usaha Kelompok Tani Oki One masih meminjam alat pertanian berupa traktor dan pompa air dari dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo.Para petani belum semuanya memiliki alsintan, baik secara kelompok maupun pribadi”.Kata Oswaldus.

Dengan demikian, lanjut Oswaldus, para petani mengalami kesulitan dalam mengolah lahan lahan tidur di wilayah tersebut.

“Selama ini kami pinjam traktor dan pompa air dari Dinas Pertanian Nagekeo, jadi kami belum punya alat sendiri.” ungkapnya.

Selain sarana pertanian yang belum memadai, ungkap Oswaldus, pihaknya mengalami kekurangan pupuk orgnik untuk mendukung keberhasilan tanaman holtikultura. Untuk itu, dirinya berharap kepada Dipo Nusantara selaku anggota DPR RI,kiranya dapat membantu anggaran pelatihan untuk pembuatan pupuk organik kepada anggota kelompok.

Masih menurut Oswaldus, selama ini Kelompok Tani Oki One baru saja memulai pengembangan pertanian dari bulan Juni 2021 yang lalu. Sehingga baru didaftarkan di Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo.

“Kami berharap kepada Bapak Dipo,sekiranya dapat membantu perjuangkan alat pertanian sehingga membantu pengembangan pertanian di Kawasan Oki One”.pinta Oswaldus.

Sebelum Dipo meninggalkan lokasi Oki One, Sementara itu, Anggota DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa tersebut mengaku sudah membantu 48 unit pompa air untuk Kabupaten Nagekeo. Meski begitu, ia tetap memberikan perhatian khusus kepada pengembangan pertanian di Kawasan Oki One.

“Kalau Kelompok Tani Oki One sudah terdaftar di Dinas Pertanian Nagekeo, silahkan saja usulkan proposal, sehingga nanti akan dibantu disana.” tutup Dipo. (LM-132)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *