Unsika Karawang Mewisuda Ratusan Mahasiswa

Berita56 Dilihat

Laskarmedia.com Karawang – Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mewisuda sebanyak 464 lulusan periode bulan Maret tahun akademik 2023/2024, yang terdiri dari program diploma 8 orang, Sarjana : 445 orang dan Magister 11 orang, bertempat di kampus Unsika, Rabu (6/3/2024)

Dalam sambutannya, Rektor Unsika, Prof. Ade Maman Suherman, SH, M.sc mengatakan, Unsika telah melakukan berbagai upaya dalam membangun pendidikan di tanah air ini ke arah yang lebih baik, mulai dari tingkat pendidikan dasar dan menengah hingga tingkat pendidikan tinggi.

“Kami menyadari tantangan yang ada di masyarakat yang
menuntut kemajuan dunia pendidikan juga tidak kalah cepat perkembangan. Satu pesan penting yang tidak akan kita lupakan dari nilai pendidikan yang diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara melalui peran guru adalah harus diterapkannya prinsip Ing Ngarsa Sung tulada, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani,”ucapnya.

Rektor Unsika menambahkan, memaknai guru sebagai pilar pendidikan dalam suatu sekolah dapat juga kita artikan sebagai institusi pendidikan sebagai pilar bagi pembangunan bangsa. Kita yakini bersama bahwa pendidikan yang kokoh yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh, akan dapat menjadi modal kuat bagi pembangunan bangsa ini,”ujarnya.

Dikesempatan ini, Rektor Unsika menyampaikan pencapaian dan program kerja 2024 yaitu :

– Jumlah Mahasiswa terdaftar sekitar 18.000 orang menyebar di program studi D3, S1, S2 dan Profesi
– Ada 9 Fakultas terdiri dari 40 program studi
– Jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor terus bertambah
– Sejak setahun terakhir dosen lulusan S3 dari luar negeri seperti Taiwan dan Amerika Serikat, dalam negeri lulusan S3 dari UPI, ITB, UI, IPB dan PTN lainnya.

– Jumlah dosen dengan gelar Professor bertambah menjadi 5 orang, ke depan akan terus drupayakan program percepatan agar dosen bergelar professor

– Dari sisi kualitas, saat ini 13 program studi terakreditasi dengan peringkat Baik atau C dan 23 program studi dengan peringkat Baik sekali atau B
– Rencana Peningkatan Kualitas: tahun 2024 ini sebanyak 19 program studi yang termasuk ke dalam rumpun sosial dan humaniora sedang mempersiapkan diri untuk diajukan akreditasi internasional. Semoga ini terkabul seiring dengan peningkatkan sarana dan kualitas dosen dan pemantapan tata Kelola kampus.

Selain itu ada berbagai peningkatan penyediaan sarana prasana, seperti

Kampus I:

Unsika melakukan penataan dan perawatan gedung-Gedung di kampus 1, termasuk Gedung Fakultas Pertanian yang berlokasi di belakang Aula ini

Revitalisasi sarana olah raga termasuk lapangan tennis

Kampus II:

Unsika sejak tahun 2021 mulai fokus pengembangan kampus di lokasi kampus Il dan terus berlanjut sampai sekarang

Tahun 2024 akan segera dibangun Gedung Serbaguna dan Gedung Student Center. Pembangunan masjid (Unsika juga membuka donasi bagi orang tua/wali wisudawan untuk pembangunan masjid terbut)

“Lalu pengembangan sistem Informasi untuk meningkatkan tatu kelola yang baik untuk kegiatan akademik maupun keuangan

Peningkatan Kerjasama yang saling menguntungan Tujuan Kerjasama adalah untuk meningkatkan kualitas Unsika di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

1. Kerjasama Dalam Negeri

Kerjasama dengan pihak industri sekitar Kurawang dan Bekasi dan industri lainnya berskala nasional

Kerjasama dengan perguruan tinggi antara lain: UI, ITB, UGM, UNES dan perguruan tinggi besar lainnya

2. Kerjasama dengan Lembaga pemerintah

Kerjasama Luar Negeri:

Area ASEAN: 13 universitas yang menyebar di Malaysia, Pilipina, Thailand dan Vietnam

ASIA: 9 universitas yang menyebar di Tiongkok, Taiwan, dan Korea Selatan

Amerika Selatan: I universitas di Brazil.

Mengakhiri sambutannya, Rektor Unsika berpesan kepada para wisudawan, setidaknya ada 7 kunci proses dalam menjalani kehidupan: 1. Bertaqwa, 2. birrul walidain, 3. Banyak Do’a, 4. Bersedekah, 5. Memperluas Ilmu, 6. Disiplin, dan 7. Menikmati Proses. ( LM 139 )