Ratusan Mahasiswa Umuslim Sukses Laksanakan KKM Di Aceh Tengah

Berita40 Dilihat

 

Laporan : Suherman Amin Bireuen Aceh

Laskarmedia.com.Bireuen –  480 mahasiswa yang ber KKM di Aceh Tengah di 10 Kecamatan dan tersebar di sejumlah desa selama satu bulan dari tanggal 16 Januari 2024 sampai 21 Pebruari 2024 telah berakhir dengan sukses dan telah banyak pembelajaran yang di dapat di sana.

“ Anak -anak kami selama satu bulan , telah mendapat pembelajaran hidup bermasyarakat dapat berkomunikasi, bekerjasama, berinovasi dan beraktifitas dengan masyarakat. nasehat, bimbingan dan arahan dari camat, reje dan masyarakat menentukan anak-anak kita bisa berhasil melaksanakan program KKM ini”, Kata Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ,  Dr drh  Zulfikar M.Si  usai acara pelepasan yang dilaksanakan di Pekarangan Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon Rabu 21 Pebruari 2024.

Dr Zulfikar menyebut, Mahasiswa Umuslim dari berbagai Fakultas telah melaksanakan KKM Angkatan XXIV mulai 16 Januari 2024 dan telah berakhir dengan baik tanpa kendala apapun dan sukses ketika penutupan penjemputan kembali oleh Rektor Umuslim yang diwakili Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr.dr  Zulfikar M.Si pada acara yang dilaksanakan di Pekarangan Kantor Bupati Aceh Tengah, Takengon Rabu 21 Pebruari 2024

Mahasiswa KKM Angkatan XXIV Tahun 2024 ditempatkan di Kabupaten Aceh Tengah yang lebih dikenal  Dataran Tinggi Gayo atau Negeri di atas Awan pada 6 Kecamatan yaitu Bintang, disebar ke 10 Kampung. Kecamatan Bies,10 kampung.

Begitu juga di Kecamatan Pegasing 10 kampung. Kecamatan Bebesen ada 15 kampung, Kecamatan Kebayakan di 15 kampung dan Lut Tawar ada 15 Kampung.

Dalam penempatan mereka yang ditempatkan di 6 kecamatan  dan disebarkan setiap kampung  ditempatkan 6 mahasiswa dengan  didampingi keseluruhan 16 Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL).

Pada acara sarasehan pelepasan sekaligus penjemputan mahasiswa KKM,  hadir PJ Bupati Aceh Tengah diwakili Asisten Umum Setdakab Sukirman S. SSTP, M.EC, Dev. Sejumlah Pejabat Setdakab Aceh Tengah, Para Camat dari 6 Kecamatan.

Sementara dari Umuslim dihadiri Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Sejumlah Dekan, Plt Ketua LPMP Dr Alfi Syahrin M.Pd, Ketua Koordinator KKM Drs Syarkawi M.Ed, Sejumlah DPL dan Sekretaris KKM.

Pada kesempatan tersebut Asisten  Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev, menerima piagam penghargaan dari Pimpinan Universitas Al-Muslim yang telah selesai melaksanakan KKM di Aceh Tengah, berlokssi di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, Rabu (21/2)

Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev, menghadiri acara pelepasan tersebut dan menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa Universitas Al-Muslim yang telah selesai melaksanakan KKM di Aceh Tengah,

Sukirman, S.STP, M.Ec.Dev,mengatakan , Program kuliah kerja ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa.

“Kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa yang telah melaksanakan kegiatan sampai dengan selesai, hal ini menunjukkan dedikasi mahasiswa terhadap pendidikan dan pengembangan diri,” ujar Sukirman melalui sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Dengan telah selesainya KKM ini, mahasiswa diharapkan dapat menggali pengalaman baru, memperluas wawasan, dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari untuk dikemudian hari dapat dipraktekkan dengan baik.

“Hadirnya KKM ini juga dapat menjadi salah satu ajang yang tepat untuk menggali potensi lokal, memahami kearifan lokal, dan memberikan kontribusi positif pada masyarakat setempat,” katanya.

“Penting untuk diingat bahwa pendidikan tidak hanya terjadi di dalam kelas, tetapi juga melibatkan pengalaman di lapangan. Oleh karena itu, kami berharap para mahasiswa dapat mengoptimalkan setiap momen selama kuliah kerja ini untuk memperdalam pemahaman terhadap dinamika sosial, ekonomi, dan budaya di Aceh Tengah,” harap Sukirman.

Ia melanjutkan, program kuliah kerja ini bukan hanya sebagai kewajiban akademis, tetapi juga sebagai investasi dalam menciptakan generasi yang berwawasan luas, bertanggung jawab, dan siap berkontribusi dalam membangun daerah.

“Terakhir, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam penyelenggaraan program ini, terutama kepada Universitas Al-Muslim yang telah berkolaborasi dengan Pemerintah Aceh Tengah,” lanjutnya.

“Semoga program kuliah kerja ini menjadi langkah awal menuju perubahan positif, dan semoga mahasiswa dapat pulang dengan bekal pengalaman berharga yang akan membentuk masa depan dari mahasiswa yang juga merupakan generasi penerus bangsa.” tutup Sukirman dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah.

Sementara Dr drh Zulfikar M.Si berterima
Kasih kepada segenap Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Camat  dari 6 Kecamatan dan 75 Reje Kampung yang telah menerima dengan baik para mahasiswa KKM selama sebulan lebih  tinggal di kampung, kemudian melaksanakan kegiatan Program Mandiri dan Kelompok dengan melibatkan unsur Pemerintah kampung, PKK, para pemuda dan anak anak.

Atas kebaikan dan Partisipasi Reje, kami mengucapkan rasa hormat dan ribuan terimakasih.

Dilain pihak  bila selama mahasiswa KKM tinggal di kampung mungkin ada  kesalahan dan kekeliruan yang diperbuat  maka atas nama Civitas Akademika kami mohon maaf.

Semoga Rajutan Jalinan kasih akan terwujud dalam mempererat silaturrahmi Pemda Aceh Tengah dengan Umuslim akan lebih baik lagi.

Kemudian PJ Bupati Aceh Tengah yang diwakili Asisten Umum Setdakab Sukirman S.STP, M.EC, Dev menyampai
Kan penghargaan kepada Umuslim Peusangan karena telah mempercayakan Kabupaten Aceh Tengah sebagai Lokasi KKM sejak Tahun 2008 sampai sekarang.

Banyak ilmu dan aktifitas yang bermakna diberikan kepada warga kampung. Termasuk membuka WEB Desa, membuat nama jalan di kampung, mengajarkan anak anak mengaji, mengenal komputer, dan lain lain.
Kemudian setiap kampung di Aceh Tengah ada mahasiswa melanjutkan dan mengikuti kuliah di Umuslim.
Jadi begitu baik sudah terjalin hubungan antara Pemda Aceh Tengah dengan Umuslim. Dan berharap kedepan agar Umuslim tetap mengirimkan mahasiswa KKM ke Aceh Tengah.

Pada bagian akhir pertemuan  dimana Warek 3 Umuslim Dr drh Zulfikar M.Si menyerahkan Plakat Umuslim yang diterima Asisten Umum Setdakab Aceh Tengah Sukirman S.STTP, M EC, Dev.

Sementara mahasiswa KKM dengan menggunakan 12 Bus  penjemputan siap berangkat kembali ke Kampus Almuslim. Dan terlihat rasa haru dan sedih antara mahasiswa KKM dengan para keluarga  Reje kampung yang melepaskan keberangkatan. ( LM 067)