Peringatan Dua Tahun Kartu Prakerja Dilaksanakan di Nias

Berita, Daerah299 Dilihat

Laskarmedia.com, Gunungsitoli–Peringatan dua tahun kartu Prakerja di laksanakan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja di Kepulauan Nias.

Acara peringatan dua tahun kartu Prakerja diisi kegiatan dialog antara kepala daerah dengan peserta Prakerja di Kepulauan Nias digelar di Aula Wisma Soliga, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Selasa 12 April 2022.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari usai acara memberitahu jika pihaknya memilih Pulau Nias untuk menandai perjalanan sejarah dua tahun Prakerja sebagai bukti bahwa program ini melayani angkatan kerja di 514 kabupaten dan kota di Indonesia, termasuk pulau-pulau serta wilayah pedalaman tanah air.

Denni berharap, kedatangan Manajemen Pelaksana Prakerja di Nias dan pulau pulau terluar sebelumnya dapat memberi sinyal kuat kepada masyarakat tentang dimana Prakerja berpihak.

“Interaksi sosial yang dibangun dari kunjungan ini, kita berharap semoga dapat membuat masyarakat mengerti bahwa Prakerja dikerjakan oleh orang orang yang punya hati dan berpihak
pada yang tertinggal,” harapnya.

Dia mengungkapkan bahwa selama dua tahun perjalanannya, Prakerja telah menjangkau 29.971 penerima efektif di lima kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Nias.

Penerima terbanyak dari Kabupaten Nias Selatan sebanyak 13.914 peserta dan Nias Selatan merupakan kawasan wisata yang terkenal dengan Pantai Sorake sebagai spot surfing kelas dunia serta tradisi lompat batu di Desa Adat Bawomataluo.

Kabupaten berpenduduk 360 ribu jiwa tersebut menurut dia memiliki 104 gugusan pulau besar dan kecil, termasuk Pulau Simuk atau pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Hindia dan berbatasan dengan perairain India.

Penerima Prakerja di Nias Selatan paling banyak memilih pelatihan seperti strategi dan pembuatan konten pemasaran, merakit kerajinan tangan, tata rias, tata busana, mengolah makanan sehat, mengelola usaha warung, serta pelatihan perangkat lunak untuk administrasi.

Sebelumnya pada acara dialog yang diikuti Bupati Nias Selatan Hilarius Duha dan Bupati Nias Ya’atulo Gulo, Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli memberikan apresiasi terhadap program Kartu Prakerja.

Dia menilai program kartu prakerja sangat bermanfaat dan menjadi salah satu jawaban atas masalah ketenaga kerjaan yang ada di Nias.

“Pemerintah daerah siap mendukung alumni Prakerja dengan bantuan dana bergulir bunga rendah,” terangnya.

Sowa’a berharap para penerima Prakerja yang sudah merasakan dampak positif program ini dapat memberikan informasi pada rekan rekan lainnya, sehingga Prakerja dapat menjadi solusi bagi masyarakat secara keseluruhan,” kata Sowa’a Laoli.(LM-140)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *