Lomba UKS , Dua Sekolah Berkompetisi Raih Tiket Ke Ajang Tingkat Provinsi

Pendidikan282 Dilihat


Laskarmedia.com,Bireuen –
Prosesi pelaksanaan lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) SMPN 3 Bireuen dan M.TsN Gandapura berkompetisi meraih tiket ke ajang lomba UKS mewakili Bireuen ke ajang Provinsi Aceh.

Dua sekolah jenjang SMP dari sejumlah sekolah di jajaran Dinas P dan K dan Kemenanag Kabupaten Bireuen terpilih dua sekolah terbaik yaitu MtsN Gandapura ( Kemenag dan SMPN3 Bireuen (Dinas P dan K Bireuen) mewakili Kabupaten Bireuen ke ajang Provinsi,sebagaimana diungkapkan Ibu Hadisah,S.Pd kepada media ini.

Kepala SMPN 3 Bireuen, Hadisah.S.Pd, menyebut, perlombaan antar sekolah ke Lomba UKS tingkat Provinsi salah satu dari mereka (SMPN 3 Bireuen atau MTsN Gandapura) dalam bulan ini.

Disebutkan, ajang perlombaan se Kabupaten Bireuen dari Sekolah SMP Negeri (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bireuen) dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Depertemen Agama Kabupaten Bireuen.

Menurut Ibu Hadisah, UKS sebenarnya sudah cukup lama di intruksikan oleh Pemerintah Provinsi Aceh dan Dinas P Dan K Kabupaten Bireuen namun akibat dari berbagai masalah maka sekarang baru terlaksana.

Hasil pemantauan media ini pihak sekolah SMPN 3 Bireuen,dalam satu ruangan ber AC untuk ruang UKS, dilengkapi empat ranjang kasur berlapiskan kain tilam dan bantal tidur, untuk dua laki dan dua perempuan, berisi timbangan tubuh, tabungan oksigen dan obat-obatan, alat periksa tubuh atau cek darah secara lengkap,dilayani tiga guru muda .

Ruangan yang disediakan itu bila ada siswa sakit untuk pertolongan pertama sebelum dievakuasi ke rumah sakit, segera dibawa ke Unit ruangan UKS yang telah dilayani oleh petugas Herawati SPd, Nurul Fajri SPd dan Irawati S.Pd.

Dalam kaitan tersebut Ibu Hadisah,S.Pd sangat mengharapkan Dinas Kesehatan atau Rumah Sakit Umum Dr Fauziah Bireuen maupun Pemerintah Kabupaten Bireuen minimal menempatkan salah seorang ASN untuk tenaga medis di UKS Sekolahnya.

Sementara sarana lainnya sebagai penunjang UKS di SMPN 3 Bireuen sudah dibangun tugu UKS yang sudah ada himbauan kepada siswa berupa maklumat dilarangnya merokok dan juga ada kebun warung hidup dan apotik hidup yang telah ditanami berbagai tanaman hijau obat-obatan.

Selain itu untuk tetap eksis menjaga kesehatan UKS juga dilengkapi delapan unit toilet atau WC bersih, untuk melayani siswa dan guru,bila kondisi buang air besar dan kecil,sudah tersedia kondisi nyaman. (LM-067)
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *