Kerjasama Uniba – Polda Kepri : Sinergi Untuk SDM Unggul

Laskarmedia.com Batam Senin 10 Juni 2024 – Universitas Batam (Uniba) dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan sumber daya manusia (SDM) personel Polda Kepri. MoU ini ditandatangani oleh Rektor Uniba, Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal.,M.Eng.,IPU.,ASEAN.,Eng dan Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kerjasama antara Uniba dan Polda Kepri dalam berbagai bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan SDM. Salah satu fokus utama kerjasama ini adalah penerapan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang memungkinkan personel Polda Kepri untuk melanjutkan pendidikan di Uniba dengan memanfaatkan pengalaman kerja dan pelatihan mereka.

“MoU ini merupakan komitmen Uniba dan Polda Kepri untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan SDM di Kepri,” ujar Rektor Uniba, Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal.,M.Eng.,IPU.,ASEAN.,Eng. “Melalui kerjasama ini, kami ingin memberikan akses pendidikan yang lebih luas bagi personel Polda Kepri dan membantu mereka untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka.”

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Kepri Kombes Pol. Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si., menyambut baik kerjasama ini dan berharap MoU ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi personel Polda Kepri dan masyarakat Kepri secara keseluruhan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Uniba atas kerjasama ini,” ucap Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol. Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si. “MoU ini akan membantu personel Polda Kepri untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka dan menjadi SDM yang lebih berkualitas.”

“Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat memberikan akses pendidikan yang lebih luas bagi personel Polda Kepri untuk melanjutkan pendidikan di Uniba dengan memanfaatkan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program RPL ini memungkinkan personel Polda Kepri untuk mendapatkan kredit SKS berdasarkan pengalaman kerja dan pelatihan mereka, sehingga mereka dapat menyelesaikan pendidikannya dengan lebih cepat dan efisien,” jelas Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol. Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si.

“Saya yakin, dengan kerjasama ini, personel Polda Kepri akan menjadi SDM yang lebih berkualitas dan kompeten dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi peningkatan kinerja Polda Kepri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di Kepri,” tutup Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol. Dr. Irvan Prawira Satyaputra, S.I.K., M.Si.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store. (LM- 025)