Kemensos Gelar Acara Puncak HLUN Ke 28 Di Aceh Utara

Berita83 Dilihat

Laskarmedia.com.Aceh Utara- Kementerian Sosial melaksanakan peringatan hari puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 28 Tahun 2024 di aula Kantor Bupati Aceh Utara dan dihadiri langsung oleh Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Acara puncak HLUN juga secara bersamaan dilaksanakan di 23 Kecamatan di Aceh Utara yang diikuti melalui confidence. Senin,(29 Mei 2024)

Dalam rangka HLUN ke 28, Kementerian Sosial melaksanakan pelayanan dan penyaluran bantuan di 27 kecamatan dengan total penerima 64.259 orang lansia. Bentuk bantuannya terdiri atas Program Keluarga Harapan (PKH), operasi katarak gratis, sarana kamar dan dapur, kebutuhan dasar dan nutrisi, alat bantu, pemenuhan hak sipil, pemeriksaan kesehatan, Rumah Sejahtera Terpadu (RST), instalasi air bersih dan taman lansia.

Dalam sambutannya, Menteri Sosial menyampaikan pentingnya merawat lansia yang merupakan kakek, nenek, ibu, ayah maupun kerabat kita.
“Saya berharap mari semua kita ajarkan menyayangi para lansia. Tidak bagus dari segi agama manapun kalau kemudian kita membiarkan dan menelantarkan para orang tua, orang-orang yang sudah berjasa kepada kita. Itulah setiap tahun, Hari Lanjut Usia selalu saya peringati karena saya tidak mau lagi ada seorang anak membuang orang tuanya padahal dia mampu merawatnya.” Ujar Mensos.

Menteri Sosial juga menyampaikan bahwa hal baik yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita, keluarga dan kerabat kita.
“Saya percaya, semua apa yang kita lakukan akan kembali kepada kita. Mungkin saat ini kita sehat, kita tidak perlu bantuan orang lain. Tapi mungkin ada anak atau cucu kita yang tinggal jauh mengalami kesulitan, tapi karena kita peduli kepada orang lain, maka orang lain akan peduli juga kepada mereka”. Pungkas Mensos.

Direktorat Pemberdayaan dan Komunitas Adat Terpencil dan Sentra Pangurangi Takalar memberikan pelayanan dan bantuan kepada 328 lansia di Kecamatan Langkahan dengan rincian bantuan kewirausahaan 17 orang, sarana kamar 188 orang, sarana dapur 45 orang dan sembako dan nutrisi sebanyak 77 orang serta isian perabotan rumah untuk penerima bantuan Rumah Sejahtera Terpadu (RST) sebanyak 1 orang lansia. Sentra Pangurangi Takalar juga melengkapi bantuan ATENSI dengan alat bantu sebanyak 125 buah kacamata, 24 unit tongkat kaki tiga, 31 unit kursi roda dan 9 unit alat bantu dengar kepada lansia penerima ATENSI.

Di Kecamatan Langkahan juga dibangun 1 unit prasarana air bersih oleh Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Non Alam (PSKBSNA) dan bantuan RST dari Direktorat Jaminan Sosial sebanyak 1 unit.

“Kami sangat senang, hari ini kami para lansia di 27 desa di Kecamatan Langkahan mendapatkan bantuan dari Kemensos mulai dari sembako dan nutrisi, sarana kamar hingga sarana dapur. Ada juga yang dapat tambahan alat bantu seperti kursi roda, kacamata, tongkat hingga alat bantu dengar yang sangat kami butuhkan. Semoga berkah bagi Ibu Menteri dan seluruh petugas Kemensos”. Ungkap Ainsyah, salah satu lansia penerima bantuan ATENSI di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara. (TS)