H Muslim Guree Harun: Allah Utus.Nabi Muhammad SAW Untuk.Perbaiki.Akhlak Manusia

Berita, Dakwah810 Dilihat

Laskarmedia.com, Tebing Tinggi- Ustad Ir Muslim Guree Harun, SE. MSc.mengatakan peringatan Maulid Nabi menjadi merupakann momentum untuk kembali mengingatkan diri dalam meneladani akhak-mulia yang dicontohkan Nabi Muhammad.

“Allah SWT mengutus Nabi Muhammad ke dunia untuk memperbaiki akhlak manusia,” ingatnya pada peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW yang digelar Dewan Pimpinan Aceh Sepakat Cabang XVI (DPC XVI) Kota Tebing Tinggi di Kelurahan Bagelen/ Pelataran Meunasah Aceh Sepakat Kota Tebing Tinggi, Sabtu 20/11/2021

Muslim Guree Harun menyebutkan, Syaikh Yusuf Qaradhawi dalam buku Kaifa Nata’amal ma’al Qur’an mengatakan, salah satu tujuan syariat Islam yaitu menyucikan hati manusia dan meluruskan akhlak.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah berkata;
“Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus hanyalah untuk menyempurnakan (memperbaiki) akhlak manusia.” (HR: al-Baihaqi)

“Akhlak atau moral inilah yang sangat diperlukan pada kehidupan menjelang Hari Akhir. Seperti yang terjadi sekarang ini, berbagai kemungkaran sosial lebih mudah ditemui. Ini menandakan bahwa suara keburukan jauh lebih banyak ketimbang kebaikan,” ujar Muslim Guree Harun

Melalui momen Maulid Nabi ini, dia mengingat kembali mengenai penerapan akhlak mulia yang menjadi solusi nyata sebagai teladan dari Nabi Muhammad.

“Kita perlu mencontoh beliau dalam upaya.mengatur negara yang baik sembari menata masyarakat lebih bermoral.
Perilaku akhlak menjadi simpul ketaatan dan keimanan yang bisa memperbaiki dan mengubah moralitas masyarakat,” pintantanya

Sebagai bentuk revolusi moral, akhlak yang dicontohkan Nabi Muhammad mesti ditempatkan sebagai tindakan nyata pada pergaulan global yang penuh tantangan.
Aspek kebaikan, kejujuran, kesalehan, dan keadilan bagi semua kalangan yang diajarkan beliau, perlu ditanamkan pada setiap tindakan individu.

Nabi Muhammad SAW. juga mengingatkan kita untuk mengendalikan hawa nafsu.
Berbagai kemungkaran diawali dari hawa nafsu yang selalu diperturutkan. Oleh sebab itu, hawa nafsu harus dikekang dengan meningkatkan keimanan.
Dengan meningkatkan keimanan dan meneladani akhlak mulia yang dibawa Nabi Muhammad, kita berharap mampu menatap masa depan lebih baik.

“Semoga Allah menjadikan kita untuk mudah meneladani akhlakul karimah yang diajarkan Rasulullah. Ujar H Muslim Guree Harun dalam menutup tausyiahnya.

Sebelumnya Ketua Umum DPP.Aceh Sepakat, HM.Husni Mustafa,SE,MM dalam sambutannya mengajak warga Aceh di Tebing Tinggi untuk bersama-sama Pemeritah Kota Tebing Tinggi membangun kota tersebut.

“Kita bukan lagi orang perantauan melainkan sudah menjadi warga Tebing Tinggi, lihat para pejabat yang datang menghadiri.Maulid Nabi merupakan sebuah penghargaan bagi warga aceh di sini,” ujarnya.

Sementara itu Sekdako Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi STP MTP. mengajak semua ummat untuk selalu meneladani prilaku Rasulullah SAW.

Salah satunya adalah Rasulullah SAW dimanapun keberadaanya selalu mempersatukan umat, tidak pernah melakukan perpecahan. “Justru itu wajib kita teladani Nabi Muhammad,” harapnya.

Pada bagian lainnya Sekdako mengimbau semua warga Tebing Tinggi, khususnya keluarga besar Aceh Sepakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.(LM-010)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *