Guna Mengurangi Serta Mencegah Banjir di Kota Medan, Kementerian PUPR dan BWSS II serta Pemko Medan Bangun Floodway Sikambing – Belawan

Laskarmedia.com Medan – Sungai Sikambing dan Sungai Belawan merupakan Sungai yang melintasi Kota Medan. Kondisi eksisting Sungai Sikambing saat ini tidak mampu menampung debit akibat curah hujan yang tinggi. Sementara Sungai Belawan pada saat ini masih cukup untuk menampung tambahan debit dari Sungai Sikambing sebesar 30 m³/detik.

Sehingga direncanakan Pembangunan Floodway Sikambing – Belawan akan mengurangi debit di Sungai Sikambing dan akan dialihkan sebagian ke Sungai Belawan. Sehingga masyarakat yang bermukim di hilir Sungai Sikambing seperti di Kecamatan Medan Delayang dan Medan Sunggal.

Luasan tereduksi banjir diperkirakan seluar 330 Ha khususnya di sepanjang sungai Sikambing Hilir, Sungai Selayang dan Sungai Putih.

Konsep perencanaan dengan mengalihkan debit sungai Sikambing ke Belawan maka muka air banjir sungai sikambing turun sehingga muka air banjir Sungai Selayang, Sei putih, Sungai Deli dan drainase kawasan yang bermuara di hilir floodway Sikambing – Belawan.

Pekerjaan ini melibatkan berbagai pihak seperti Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan sebagai pemilik kegiatan, Pemerintah Kota Medan sebagai pelaksana pengadaan tanah, dan instansi-instansi non pemerintah yang bekerja sama dalam memindahkan utilitas di sepanjang pekerjaan tersebut. (LM- 025)