Gempabumi Berpusat di Darat Kecamatan Bayah Banten Terasa hingga Jawa Barat dan DKI Jakarta

Berita, Daerah634 Dilihat

Laskarmedia.com, Bandung – Jabar. Getaran gempabumi magnitudo 5,1 Jumat 18 Maret 2022 sangat dirasakan masyarakat di wilayah Provinsi Banten, dan Jawa Barat serta DKI Jakarta.

Gempabumi pada pukul 03.53 WIB berpusat di 20 kilo meter barat laut Kecamatan Bayah Kabupaten Pandeglang berada di darat.

Dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempabumi magnitudo 5.1, terjadi pada Jumat 18 Maret 2022 pada pukul 03.53 WIB.  

Pusat gempa berada di darat, 20 kilometer barat laut Kecamatan Bayah Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten di kedalaman 137 kilometer.

Daerah terdampak ataupun yang sangat merasakan sekali getaran gempabumi yang berada di 6.75 lintang selatan dan 106.21 bujur tmur, untuk skala I hingga II MMI terasa di daerah Pandeglang, Tanggerang Selatan, Tanggerang, Karawaci, Depok dan Bogor.

Sedangkan untuk skala MMI II hingga III dirasakan masyarakat di wilayah Cibaliung.

Hingga saat ini gempa yang dirasakan juga masyarakat diwilayah Sukabumi, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat belum dilaporkan adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat kejadian gempabumi ini.

PVMBG meminta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat.

Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.

Masyarakat agar waspada dengan kejadian gempabumi susulan yang energinya lebih kecil dan Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, meskipun episenternya di darat tetapi kedalamannya dalam dan tidak menimbulkan deformasi di dasar laut. (LM-195)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *