Diskominfo Bireuen Ikut Bimtek Penguatan Wawasan Satu Data

Berita64 Dilihat

Laskarmedia. com. Bireuen – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bireuen , mengikuti kegiatan bimbingan teknis  ( Bimtek) penguatan wawasan satu data ,Selasa (21/5) di Aula Diskominsa Aceh selama 2 hari.

Prosesi pelamsanaannya yang berlangsung dua hari itu dibuka oleh kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominsa) Aceh, Marwan Yusuf, B. HSc,. MA. yang diwakili oleh kepala UPTD statistik Aceh Sayid Azhari, ST MSi.

Dalam arahannya, Sayid menyebutkan Satu Data Indonesia (SDI) adalah kebijakan tata kelola data yang menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan.

Menurutnya Data itu nantinya untuk menentukan kebijakan Pemerintah dalam merencanakan pembangunan.

“Satu data sangat penting, dibutuhkan akurasi data, dalam hal ini data dari pemerintah desa. Selain akurat, datanya harus bisa dipertanggung jawabkan.” Sebut Sayid. t

Unuk mewujudkan hal tersebut, maka diperlukan pemenuhan data-data Prodeskal yang bersinergi dengan kebutuhan data di Provinsi Aceh dan data pusat, sehingga berguna bagi pengguna data, tambhnya. 

 

Kegitan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam pengelolaan data statistik sektoral untuk mendukung penerapan Satu Data Indonesia, serta mengagendakan data cleaning pada portal open data pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh.

 

Fakhrurrazi, MM salah seorang peserta bimtek juga menyebutkan, Kesebalas SKPK yang mengikuti Acara Bimtek Penguatan Satu Data dan Data Cleaning pada Portal Data Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh adalah Diskominsa, Bappeda, Dishub, Dinas PUPR, Dinsos, Disnakertrans, Disdikbud, Distanbun, DLHK, DPMGPKB dan Disnakeswa. ( LM 067 / 302 )