Dandim 1625/Ngada Hadiri Pelantikan Bimbingan Teknis PPS Kabupaten Ngada

Berita92 Dilihat

Laskarmedia.com,BAJAWA-Komandan Kodim 1625/Ngada Letkol Czi Deni Wahyu Setiyawan S.H menghadiri acara Pelantikan dan Bimbingan Teknis Anggota Panitia Pemungutan Suara se-Kabupaten Ngada untuk Pemilihan Umum tahun 2024.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Ngada Andreas Paru SH.MH, yang bertempat di Aula Jhontom Kelurahan Lebijaga Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada Selasa (24/01/2023).

Kegiatan Pelantikan dan Bimbingan Teknis anggota PPS tersebut, dihadiri oleh para pejabat se Kabupaten Ngada, Bupati Ngada Andreas Paru SH. MH, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Deni Wahyu Setiyawan, Kapolres Ngada AKBP Padmo Ariyanto S.I.K, Ketua DPRD Ngada Bernadinus Dhey Ngebu, Ketua KPU Stanis Laus dan pejabat lainnya. 

Stanis Laus dalam sambutan mengharapkan kepada sejumlah anggota PPS menjadi mitra kerja yang baik, profesional dalam menyukseskan Pemilu tahun 2024 bersama KPU Ngada.

“saya ucapkan selamat datang bagi sahabat-sahabatku PPS yang terlantik hari ini. Selamat bergabung dalam rumah besar Demokrasi Ngada.PPS diharapkan menjadi Mitra yang baik, untuk membantu KPU Kabupaten Ngada”.Ucap Stanis Laus. 

“Untuk itu saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh anggota PPS yang telah dikukuhkan hari ini. Marilah kita rapatkan barisan tunjukkan segala kemampuan bersama KPU Kabupaten Ngada dan PPK. Dipundak kita telah diletakan sebuah tugas besar dan mulia, demi terlahirnya pemimpin bangsa pada tahun 2024. Demokrasi yang diawali dari Pemilu yang berintegritas, untuk itu sebagai Ketua KPU Ngada saya berharap jaga amanah itu, jaga kepercayaan masyarakat Kabupaten Ngada”,tambah Ketua KPU dengan tegas. 

Dikesempatan yang sama, Bupati Ngada Anderas Paru juga menyampaikan sambutannya, bahwa secara garis besar tugas panitia pemungutan suara adalah membantu KPU dalam melakukan pemutahiran data pemilih, daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap membantu KPU.

Hal yang paling krusial sehubungan dengan tugas PPS adalah soal bagaimana mengakomodir hak untuk memilih. Pada poin ini tugas dan kewajiban PPS menjadi sangat strategis, oleh karena itu tugas PPS yakni antara lain mengumumkan daftar pemilih sementara. Mengumumkan daftar pemilih tetap dan melaporkan kepada KPU Kabupate/Kota melalui PPK dan harus dapat dilaksanakan secara baik dan profesional.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam tahapan pilnas juga kepada seluruh stakholder lainnya, untuk mendukung jalannya proses tahapan pilnas. Mari kita bersama-sama memonitoring dan mengawasi keseluruhan tahapan pemilu Nasional, dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan sehingga tercipta suasana yang kondusif bagi pemilu di Kabupaten Ngada yang aman, damai dan demokratis”, tutupnya. Pendim Ngada.(LM/TIM).