Bupati Karawang Resmikan Monumen Keselamatan Lalu Lintas

Berita2907 Dilihat

Laskarmedia.com.Karawang – Bupati Karawang Aep Syaepuloh meresmikan Monumen Keselamatan Lalu Lintas di Jl. Tuparev, Kecamatan Karawang Barat, Kabupaten Karawang, pada Selasa 28 Mei 2024.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Ketua DPRD, perwakilan Dandim 0604 Karawang, Mayor Inf Jaja J., perwakilan Kejari, Dansubdenpom Karawang, serta sejumlah kepala dinas dan instansi terkait seperti Kadishub Karawang, Muspika Kecamatan Karawang Barat, PJU, dan Kapolsek jajaran Polres Karawang.

Bupati Karawang, H. Aep Syaefuloh, dalam sambutannya memberikan apresiasi tinggi kepada Polres Karawang dan semua pihak yang terlibat dalam pembangunan monumen ini.

“Semoga monumen ini bisa berkontribusi dalam mengurangi kecelakaan di perlintasan kereta api dan meningkatkan kesadaran keselamatan masyarakat,” harapnya.

Dengan adanya Monumen Keselamatan Lalu Lintas ini, diharapkan masyarakat Karawang bisa lebih waspada dan mengurangi risiko kecelakaan, sehingga tercipta lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk semua pengguna jalan

Sementara Kapolres Karawang menjelaskan latar belakang pembangunan monumen tersebut.

“Monumen Keselamatan ini diinisiasi oleh Polres Karawang bekerja sama dengan berbagai instansi terkait. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan lalu lintas, mengingat tingginya angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Karawang,”ujarnya.

“Berdasarkan data, Kabupaten Karawang menempati urutan kedua tertinggi di Jawa Barat dalam hal kecelakaan lalu lintas, baik di jalan tol, non-tol, maupun jalur kereta api.

“Terdapat 21 perlintasan sebidang kereta api di Karawang, dan sepanjang tahun 2024 ini, sudah terjadi 12 kecelakaan kereta api yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” tambahnya.

Kapolres juga menyampaikan bahwa monumen ini dibangun atas kerjasama dengan Jasaraharja, KAI, dan Pemerintah Daerah Karawang.

“Monumen ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi masyarakat untuk selalu berhati-hati di jalan raya dan meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Selain itu, monumen ini akan menampilkan data kecelakaan lalu lintas di Karawang, sehingga masyarakat bisa lebih memahami kondisi dan dinamika kecelakaan yang terjadi di daerah mereka.

“Kehati-hatian tidak merugikan, namun kecerobohan bisa membuatmu kehilangan nyawa. Kecelakaan dapat dicegah dengan kewaspadaan,” tegas Kapolres, mengutip teks yang tertera di monumen. (lm 139)