Anjuando F Naibaho MBA: Bela Negara Cara Humanis dan Lestarikan Nilai-Nilai Luhur Kebangsaan

Berita, Politik387 Dilihat


Laskarmedia.com, Medan– Bela Negara Nusantara Indonesia merupakan manifestasi BELA NEGARA non fisik dan merupakan salah satu bentuk implementasi dari pengertian Bela Negara sebagaimana dimaksud UUD 1945 Pasal 27 ayat 3 dan Pasal 30 ayat 1 dan 2.

Setiap warga negara wajib bela negara. Bela negara adalah kebulatan tekad, sikap dan tindak nyata setiap warga negara yang dilakukan secara ihklas dan sadar, disertai kerelaan berkorban dilandasi kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia..

Hal itu dikemukakan Ketua DPD Forum Komunitas Bela Nusantara Indonesia (FKBNI) Anjuando F Naibaho, MBA dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus DPD FKBNI Kota Medan Periode 2021-2026 di.Medan, Rabu 2/11/2021.

Kegiatan yang dihadiri seluruh pengurus DPD FKBNI Kota Medan antara lain Sekretaris : Suratno, S.Pd, M.Si dan mBendahara : Robbyanto Yewdin itu juga dirangkaikan dengan silaturahmi dan ramah tamah antara sesama pengurus FKBNI Medan.

Anjuando menyatakan bela negara cara humanis yang termasuk jenis bela negara Nonfisik merupakan suatu bentuk pembelajaran memelihara dan melestarikan nilai-nilai luhur kebangsaan dengan adanya perubahan sikap dan perilaku seseorang atau kelompok masyarakat dengan tercapainya suasana kehidupan humanis.

Bela negara humanis ini lanjutnya menjadi konsep ideal Forum Komunitas Bela Nusantara Indonesia (FKBNI) untuk pemberdayaan masyarakat membangun Silaturahmi Nusantara ditengah bertumbuhnya tindak diskriminasi dan intoleransi maupun bentuk konflik lainnya yang dapat berwujud menjadi disintegrasi bangsa.

“Disintegrasi bangsa merupakan wujud dari konflik sosial berkepanjangan, dan dapat menimbulkan kemiskinan, kemelaratan pada rakyat,” ujar Anjuando pada acara yang berlansung meriah itu

Dalam kesempatan itu, Anjuando.mengajak segenao pengurus dan anggota FKBNI berbuat baik secara humanis dengan tidak membedakan baik Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan.

“Kita berharap, DPD FKBNI Kota Medan dapat bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan dalam memberikan pendampingan dan pengarahan kepada masyarakat serta turut berpartisipasi dan berkarya untuk memajukan kesejahteraan bersama,” ingat.Anjuando seraya mengajak semua untuk kembali meneriakkan yel-yel FKBNI dengan semangat.FKBNI … Humanis
FKBNI … Taat Azas FKBNI … Bela Nusantara Indonesia

Visi .FKBNI katanya Menjadi Garda terdepan Masyarakat Sipil Bela Negara. Misi:1. Menyelenggarakan pembelajaran Nilai-nilai Kebangsaan 2.Menyelenggaran advokasi dan edukasi sadar hukum 3. Melakukan pendampingan bagi masyarakat.4 Melestarikan sumber daya alam

Tujuan :1.Meningkatkan kesejahteraan sosial 2.Merajut kebersamaan persaudaraan bangsa 3. Penguatan sumber daya manusia
4. Meningkatkan derajat kesehatan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Anjuando juga menyampaikan sebuah pantun “Jalan-jalan ke pantai Kuta, Santai-santai di hari Kamis.DPD FKBNI kota Medan bersedia,
Melaksanakan Bela Negara Humanis..

Burung nuri burung dara,
Terbang melayang di atas awan..
Sampai di sini saya berkata-kata,
Jika ada kesalahan mohon dimaafkan.
Akhir kata, atas nama DPD FKBNI Kota Medan saya mohon maaf jika ada kesalahan selama acara pelantikan berlangsung.(LM.010)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *