Warga Bawalato Tolak Lokasi Pembangunan Gedung Universitas Nias Dipindahkan

Berita, Daerah927 Dilihat

Laskarmedia.com, Nias. Warga Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara menolak pemindahan lokasi pembangunan gedung Universitas Nias (Unias).

Penolakan dilakukan dengan berunjukrasa membentangkan spanduk di depan kantor Camat Bawalato, Kabupaten Nias, Selasa 12 April 2022.

Koordinator aksi Onlyhu Ndraha atau Ketua Tim Formatur Masyarakat Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Rabu, mengatakan mereka berunjukrasa untuk menolak pemindahan lokasi pembangunan gedung Unias dari Bawalato ke Gido.

Dia menerangkan bahwa berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Nias No 1 Tahun 2014 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Nias (RTRW) 2014-2034, ditetapkan lokasi Unias di Kecamatan Bawolato dan telah ada lahan hibah seluas 34 hektar.

“Masyarakat se Kecamatan Bawolato sangat kecewa dengan tindakan semena mena yang merencanakan pemindahan lokasi pembangunan Unias dari Bawalato ke Kecamatan Gido,” sesalnya.

Menurut Onlyhu Ndraha, dalam Perda tersebut telah diamanahkan bahwa perubahan baru bisa dilakukan setelah tahun 2034.

Perda tersebut dapat direvisi sebelum tahun yang telah ditentukan jika dilokasi yang ditetapkan pembangunan gedung Unias di Bawalato terjadi bencana alam longsor atau letusan gunung merapi.

Tidak lupa Onlyhu memberitahu apabila tuntutan mereka tidak digubris, mereka akan turun kejalan dan melakukan sidang jalanan.

“Tindakan pemindahan lokasi pembangunan gedung Unias sangat merugikan warga Kecamatan Bawalato,” ujarnya.(LM-140)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *