UPTD SD Negeri 1 Bireuen Sukses Gelar Acara Panen Kegiatan Siswa

Berita47 Dilihat

Foto : Prosesi pelaksanasn pemotongan pita pada acara Panen Kegiatan Siswa di UPTD SD N 1 Bireuen. (Laskarmedia/Muhammad Husen)

Laskarmedia.com. Bireuen – Unit Pelaksanaan Teknis Daerah Sekolah Dasar (UPTD SD) Negeri 1 Bireuen, menggelar acara panen hasil belajar siswa penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) sekolah penggerak , Senin (20/5/2024) pagi di halaman sekolahnya..

Prosesi kegiatan dibuka oleh Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan PhD diwakili Asisten II Setdakab Dailami, SHut MLing sekaligus melakukan pdmotongan pita bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,Muslim, MSi, Ketua DKA H Mukhlis, ST dan pejabat terkait dan orang tua/wali.

Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, PhD diwakili Asisten II Setdakab Dailami SHut MLing dalam sambutan mengatakan. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Oleh karena itu, kami berharap agar anak-anak di era sekarang dapat mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) religius, unggul, berbudaya.

Kepada guru , kami berpesan, pembentukan etika kepada siswa/siswi sangat perlu dan penting. Pendidikan yang menekankan etika membantu menghasilkan warga
negara yang bertanggung jawab.

“Dengan memahami nilai-nilai moral seperti kejujuran, integritas, empati, siswa akan lebih cenderung untuk berperilaku dengan baik dalam masyarakat dan menjalankan tanggung jawab sosial mereka,” harap Pj Bupati

Kadisdikbud Bireuen, Muslim, MSi mengatakan kegiatan panen hasil belajar siswa sekolah penggerak digelar ini sangat luar biasa, dan beliau msngapresiasinya serta berharap kepada UPTD SDN 1 Bireuen, agar dengan merajut kekompakan wali murid terus dibina sehingga sekolah ini bisa punya nama ditingkat nasional

Sebelumnya Kepala UPTD SDN 1 Bireuen, Ainiah, SPd dalam laporanny menyebut, kegiatan ini murni panen hasil belajar siswa sekolah penggerak yang merupakan amanat dari kurikulum dari dimensi P5.

Ainiah menjelaskan, di Kabupaten Bireuen ada 10 sekolah penggerak tingkat SD dan salah satunya UPTD SDN 1 Bireuen dengan menganut kurikulum merdeka yang di dalamnya ada keterlibatan orang tua/wali, guru dan siswa,” jelasnya.

Dalam merancang kegiatan kami kemas hari ini berupa bazar, pameran setiap kelas, pagelaran seni, paduan suara, dan berbagai kegiatan siswa, dalam tema “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Kami hari ini berkolaborasi dengan orang tua memberi pembelajaran kepada anak, inilah negeri kita Indonesia maka temanya juga “Merajut Indonesia” dari Sabang sampai Merauke. Dan anak-anak memakai berbagai pakai adat ,” ungkap Ainiah.

Disampaikan juga bahwa tahun depan sekolah penggerak sudah selesai, dan kami berharap kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak tetap dapat diteruskan dengan cara adanya dukungan dari semua pihak. Mustahil dapat kami laksanakan acara seperti ini tanpa dukungan semua pihak, harap kepala UPTD SDN 1 Bireuen. ( LM 067 / LM 302 )