Pupuk Indonesia Perlya Pasar UMKM Binaan Melakui Inacraf 2023

Berita122 Dilihat

Laskarmedia-Jakarta
PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali mengikuti gelaran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), mulai tanggal 4 sampai dengan 8 Oktober 2023.

Kegiatan tersebutb untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Binaan dalam mempromosi produk serta memperluas akses penjualan.

SVP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia, Rika Susanty mengatakan bahwa terdapat 18 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup yang mengikuti pameran Inacraft 2023.

“Seluruh UMKM ini merupakan binaan dari masing-masing anak perusahaan Pupuk Indonesia dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs). Inacraft menjadi ajang untuk memperluas pasar bagi UMKM binaan serta menjadi sarana promosi, interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren produk, khususnya mengenai industri kerajinan lokal,” demikian ungkap Rika.

Sebanyak 18 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup ini adalah Kaye Galery dan Putroena Souvenir yang merupakan binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM). UMKM Ecoprint Aditya Jumputan dan Songket Harapan Baru yang merupakan binaan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP). UMKM Batik Kurnia Cirebon dan Tenun Sutera Garut yang merupakan binaan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC). UMKM Hamdan Batiek dan Batik Sari Kenongo yang merupakan binaan PT Petrokimia Gresik (PKG).

Selanjutnya, UMKM Kurnia Songket Kalbar dan Sumarni Liong yang merupakan binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). UMKM Loji Craft yang merupakan binaan PT Rekayasa Industri (Rekind). Sementara sisanya yaitu UMKM Lembayung Ethnic, Dzafira Indonesia, Selawase, Qtacraft Official, Jaroe Craft, 3C Craft, dan Etsy Beads merupakan binaan PIKA-PI Group.

“Kami berharap produk-produk UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup diminati oleh para pengunjung karena Inacraft ini merupakan pameran bertaraf internasional yang bertujuan untuk memfasilitasi produk kerajinan lokal agar dapat menjangkau pasar ekspor . Produk-produk UMKM Binaan yang kami hadirkan dalam Inacraft on October 2023 ini telah melalui tahapan kurasi mulai dari kualitas produk, kapasitas dan keberlanjutan produksi,” tambah Rika.

Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Rika menyatakan bahwa Pupuk Indonesia akan terus mendukung mitra binaan UMKM untuk Go Digital dan Go Global. Karena UMKM merupakan sektor paling banyak menyerap tenaga kerja dan menjadi penyangga pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai poin 8 pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PIKA-PI Group, Kuntari Laksmitadewi Wahyuningdyah mengajak para pengunjung untuk mengunjungi booth Pupuk Indonesia Grup yang berada di Hall B JCC. “Silahkan kunjungi booth Pupuk Indonesia Grup di Inacraft JCC, dari tanggal 4 sampai 8 Oktober 2023,” kata Kuntari.

Pemeran Inacraft tahun ini telah dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 Oktober 2023. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Indonesia ini berharap produk UMKM tanah air semakin banyak dikunjungi. Dari tahun ke tahun, produk yang ditampilkan pada gelaran ini memiliki kualitas yang semakin baik dan banyak produk lokal yang sudah dikenal luas.

Jokowi menilai bahwa antusiasme peserta untuk mengikuti pameran Inacraft juga sangat tinggi. Hal ini terlihat dari penuhnya stan yang disediakan. Dari 18.700 meter persegi area pameran, semua terisi penuh dan terbagi untuk 772 stan.

“Semua terisi penuh. Kalau sudah seperti itu, kita harapkan pengunjung juga akan makin banyak, harus banyak. Buyernya juga akan lebih banyak dan kita harapkan omzetnya juga akan makin baik dan makin besar,” kata Jokowi.(LM-074)