Prosesi Pemilihan Tuha Peut Gampong Geudong Geudong Periode 2024 – 2030 lancar, Sukses dan Damai

Berita89 Dilihat

Laskarmedia.com.Bireuen – Pemilihan Tuha Peut Gampong Geudong – Geudong Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen Aceh yang dilaksanakan di Pelataran Parkir Masjid Al Mujahidin Kemukiman Geudong Sabtu, 29 Juni 2024 secara demokrasi lancar dan sukses .

Prosesi pelaksanaan pemilihan yang diikuti 15 calon itu ternyata masyarakatnya sangat antusias untuk pemilihan Tuha Peut .

Dan 966 Daftar pemilih dari 3 Dusun yang ada di Gampong Geudong- Geudong sangat antusias dan sudah tampak hadir pada pagi hari dengan tertib langsung mereka menduduki tempat yang disediakan panitia.

Pemungutan suara di mulai Pukul 8.30 – selesai pukul 14.30 Wib,.Setelah istirahat Shalat Dhuhur dilanjutkan perhitungan surat suara mulai pukul 14.30 – 18.00 wib

Adapun 9 dari 15 calon lolos terpilih di Gampong Geudong Geudong masa bhakti 2024 – 2030 adalah , Azhari, Abdussalam, M Nur, Jafaruddin, Afdhal alias Pudai, Aniswar, Syahrial , Faisal Gazali dan Nilawati.

Prosesi pelaksanasn pemilihan peserta Dusun Kutatrieng yang terpilih adalah Tgk. M. Nur meraih 140 suara diikuti Jafaruddin 121 Suara dan Afdhal alias Pudai 72 suara.

Dan yang tidak terpilih dari Dusun Kuta trieng sebagai cadangan adalah Tgk Sabri alias Abon hanya meraih 33 suara dan boihaqi 26 suara.

Dari Dusun Pusu Lawah
total 190 suara yang terpilih adalah Azhari meraih 152 suara dan Abdussalam dengan meraih 36 suara dan suara tidak sah 2 suara.

Untuk Dusun Sagoe dari 378 suara yang diperebutkan 3 terpilih dari 6 calon masing masing yang terpilih adalah Aniswar meraih 87 suara, Syahrial 85 suara dan Fisal Razali meraih 63 suara.

Sedangkan cadangan Teungku Rusli, S. E ( Tgk. Li), Mawardi Is dan Epi Rizal, ST meraih 52 suara, 48 suara dan 35 suara.

Selain itu Dua sosok tokoh wanita Murniati dan Nilawati yang bersaing ketat adalah Nilawati terpilih dengan meraih 742 suara sedangkan Murniati hanya merah 159 suara.

Situasi dan kondisi dalam proses berjalan aman dan tertip. Di kawal bhabinsa dan bhabinkamtibmas dan sangat tertib.

Sementara sosok pemuka masyarakat Geudong, H Suherman Amin yang merupakan mantan Peutuha Tuha Peut 2018 – 2024 menyebut, memang luar biasa panitia sudah cukup maksimal dalam bekerja melaksanakan pemilihan calon tuha peut dan patut diapresiasi.

Di mulai sejak proses panjaringan bacalon hingga terpilih calon tuha peut sejumlah 9 orang kami masyarakat.
mengucapkan selamat kepada seluruh panitia untuk calon terpilih.

Hadir pada acara tersebut, Camat Kota Juang,Musni Syahputra, S.IP., M.Ec.Dev,sekaligus
memberi arahan kepada kepada seluruh calon terpilih di ruang kantor keuchik setelah selesai pentungan surat suara.

Selain itu pada awal hingga seusai pemilihan disaksikan Keuchik Gampong Geudong – Geudong, Fachrial beserta aparatur pemerintahan Gampong yang ikut melakukan pemilihan untuk menyukseskan acara pemilihan Tuha Peut dihadiri juga Kasipem Kecamatan Kota Juang, Sekcam Kota Juang . Bhabinsa, pihak keamanan (Polsek Kota Juang mualai awal hingga selesai acara.

Keuchik Geudong- Geudong, Fachrial di sela sela prosesi pemilihann Tuha Peut dengan wajah ceria menyebut, keberadaan lembaga Tuha Peut Gampong (TPG) atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan gampong sekarang ini menempati posisi yang sangat penting dan terhormat dan menjadi begitu penting bagi warga di Gampong.

Disebutkan hal itu terkait penjabaran dari Permendagri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Gampong Tuha Peut Gampong yang berfungsi sebagai badan Pengawasan dan permusyawaratan gampong yang disebut sebagai legislatif gampong.

Sementara lembaga eksekutif gampong yang terdiri dari Keuchik Gampong, Tgk Imum Meunasah, dan perangkat aparatur gampong, aturan- aturan, petunjuk, tentang adat istiadat yang ditetapkan oleh keuchik setelah mendapat persetujuan dari Tuha Peut Gampong, Seperti penetapan qanun atau reusam gampong.

Maka dari itu, di moment pemilihan Tuha Peut Gampong kali ini diharapkan akan lahir para Tuha Peut yang peduli terhadap masyarakat di Gampong dalam hal pengawasan dan berkolaborasi bahu-membahu membangun Gampong ke depannya yang merupakan harapan masyarakat.

Ketua panitia pelaksanaan pemilihan Tuha Peut (P2 TPG), Jufri didampingi Sekretaris Desri Ziadi,ST Gampong (P2-TPG) menyebut, pihaknya sudah siap melaksanakan tugas hingga melakukan sosialisasi rumusan aturan terkait pelaksanaan pemilihan Tuha Peut Gampong Geudong-Geudong periode 2024 – 2030 .

Prosesi pelaksanaan sosialisasi yang dihadiri ke 15 calon Tuha Peut dilaksanakan Panitia Pemilihan Tuha Peut Gampong (P2-TPG) di kantor Keuchik pada Rabu 26 Juni 2024 mulai pukul 20.30 Wib sekaligus menandatangi Pakta Intergritas aturan bersama terkait hasil sosialisasi dari Panitia Pemilihan Tuha Peut Gampong (P2-TPG).

Disebutkan, bermula dari 16 Calon Tuha Peut Gampong Geudong -Geudong yang mendaftar pada awalnya, namun salah satu calon dinyatakan mundur diri dan sisanya 15 orang calon Tuha Peut yang dipilih 9 calon di antaranya dinyatakan terpilih.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar. Terima kasih atas support keuchik, perangkat gampong, dan seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan tuha peut.

Kepada seluruh rekan panitia yang telah bekerja selama sebulan ini untuk menyiapkan segala sesuatu hal untuk kelancaran pemilihan,” ujar Desri seraya menyebut ” Alhamdulillah
pemilihan Tuha Peut Gampong sukses . ( LM 067)