Polsek Purba dan Forkopimca Haranggaol Horison Verifikasi Lapangan Penanganan Dampak Banjir Bandang

Laskarmedia.com Haranggaol Horison 21 Mei 2024 – Polsek Purba Polres Simalungun bersama Forkopimca Kecamatan Haranggaol Horison dan Dinas BPBD Kabupaten Simalungun mengadakan kegiatan verifikasi lapangan terkait penanganan dampak banjir bandang yang terjadi pada Rabu, 21 Desember 2023 di Dusun Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, Kecamatan Haranggaol Horison, Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 21 Mei 2024, mulai pukul 10.30 WIB hingga selesai.

Kapolsek Purba AKP Marolop Sinaga menjelaskan, “Kegiatan ini merupakan verifikasi lapangan yang melibatkan berbagai pihak terkait, seperti Polsek Purba, Forkopimca, Dinas BPBD, Dinas Sosial, dan Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini diadakan untuk menindaklanjuti dan memastikan penanganan serta bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir bandang berjalan lancar dan sesuai harapan warga,” ujar AKP Marolop.

Kegiatan ini dilaksanakan Kapolsek Purba AKP Marolop Sinaga, dengan partisipasi AIPDA Chairul S. Sinurat dari Polsek Purba, bersama Camat Haranggaol Horison Bangun Siregar, dan perwakilan dari Dinas BPBD, Dinas Sosial, dan Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun. Acara dimulai dengan sambutan dari Camat Haranggaol Horison, Bangun Siregar, yang menekankan pentingnya realisasi bantuan tanpa aduan dari warga.

Tanggapan masyarakat diwakili oleh Sekdes Nagori Purba Pasir, Boloni Haloho, yang menyatakan bahwa mereka akan meminta pendampingan dari Aliansi Wartawan Asal Simalungun (AWAS) jika penanganan tidak tuntas. Dinas BPBD, yang diwakili oleh Sabolas Pasaribu, meminta kepercayaan masyarakat dalam proses rehabilitasi. Dinas Pertanian, melalui Mudianto, menyampaikan hasil rapat mengenai jenis tanaman terdampak dan estimasi ganti rugi. Danramil 13 PB, Lettu AR. Sitompul, menyatakan dukungannya terhadap keputusan pemerintah dan warga.

Masyarakat terdampak sepakat untuk mempercayakan penyelesaian kerugian kepada pemerintah Kabupaten Simalungun dan akan meminta pendampingan hukum dari AWAS jika tidak tuntas. Dinas BPBD dan tim telah melakukan verifikasi lapangan dan hasilnya akan dibawa ke rapat tingkat Kabupaten Simalungun.

Kegiatan ini berjalan dengan aman dan kondusif. Hadir dalam kegiatan ini Camat Haranggaol Horison Bangun Siregar, perwakilan dari Dinas BPBD, Dinas Sosial, Dinas Pertanian, Danramil 13 PB, Lurah Haranggaol, Sekdes Nagori Purba Pasir, Gamot Dusun Binanga Bolon, serta masyarakat terdampak banjir sebanyak 24 orang. (LM- 025)