oleh

MPA:Kunjungi Sekolah Tentang Inovasi Pemberdayaan Komite

-Berita-90 Dilihat

Foto :Komite sekolah SMK N 1 Jeumpa Zulkifli,Ali, SE. .(Suherman Amin)

Baskarmedia.com.Bireuen — Kepala Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh ( MPA ) Kabupaten Bireuen Mulyadi, S.Pd, M.Pd bersama unsur Pengurus Drs. H Faizin Yusuf M.Pd dan Tim teknisi kantor Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh ( MPA ) mengunjungi sejumlah sekolah, Rabu (14/9/2022 ) untuk mendalami terkait inovasi tentang pemberdayaan komite sekolah yang telah dilaksanakan sosialisasi dan evaluasi Pengurus MPA yang telah dilaksanakan pada 26 Agustus dengan mengunjungi 45 sekolah mulai SD/ MI, SMP/ MTS dan SMA/ MA dan SMK.

Menurut Zulkifli Ali SE Komite Sekolah SMK 1 Bireuen kepada awak media menyebut, kunjungan Kepala Sekretariat MPA. bersama Pengurus MPA ke sekolah untuk melihat bagaimana inovasi dari kepala sekolah dan komite dari hasil pemberdayaan komite berdasarkan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 tentang Komite Sekolah.

Zulkifli Ali,SE yang merupakan sosok peduli masalah pendidikan yang akrab disapa CEK DUN menambahkan kunjungan mereka (MPA) ke SMK N 1 Bireuen, meminta komite, kepala sekolah, dewan guru menyerahkan persiapan segala sesuatu yang berkenaan dengan musyawarah pembentukan komite, SK dan struktur komite, menyusun anggaran dasar dan rumah tangga juga program kerja jangka pendek, menengah dan jangka panjang sejaligus melihat ruang kerja komite yang disiapkan.

Sementara Kepala Sekretariat MPA Mulyadi,MPd terkait keberadaan komite di sekolah untuk memantau kegiatan belajar mengajar, perbaikan keperluan sekolah yang sifatnya ringan dan suasana diluar jam sekolah dari berbagai tindakan yang mengganggu ketahanan sekolah.
Kepala Sekretariat MPA Mulyadi M.Pd pada kunjungan bersama teknisi kantor Kamarul Iskandar ST dan Fitdiansyah mendampingi Drs H Faizin Yusuf M.Pd melakukan vidio dan wawancara dengan Kepala SD Negeri 7 juli, SMK Negeri 1, SMP Negeri 2, MAN 4 dan MI 21 Bireuen. Hasinya dari sejumlah sekolah sudah menyiapkan keperluan komite, memperbaiki administasi, menyediakan ruang kerja dan berkoordinasi bersama terkait keperluan sekolah yang semestinya diperhatikan bersama. H Zulkifli Ali SE Komite SMK Negeri 1 Bireuen dalam penyampaiannya kepada MPA berterima kasih telah mengunjungi sekolah sehingga apa yang semestinya diperbuat di sekolah mengacu kepada Permendikbud nomor 75 tahun 2016. Hal ini penting bahwa sekolah tidak mengutip iuran dari siswa dan wali murid hanya kebutuhan siswa sendiri dalam berbagai aktfitas praktek.

Dengan demikian tambahnya, Mulyadi M.Pd diharapkan untuk selanjutnya MPA akan melaksanakan sosialisasi pemberdayaan komite kepada seluruh sekolah jenjang SD/ MI, SMP/ MTS dan SMA/MA dan SMK dalam kabupaten bireuen sampai tahun 2024 sesuai dengan Renstra dan program kerja yang telah disusun. ( LM 067).