Lanal Nias Menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (LATGULBEN) DI Kabupaten Nias Selatan Tahun 2021

Berita131 Dilihat

Laskar Media.Com, Nias Selatan : Dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana alam gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Nias Selatan, Pangkalan TNI AL Nias bekerjasama dengan Stakeholder (BPBD, Basarnas TNI-POLRI dan Pemda) telah melaksanakan Apel Gelar Kesiapsiagaan dalam rangka Latgulben tahun 2021. Hari Senin tanggal 06 September 2021.

Latihan penanggulangan bencana alam (Latgulben) adalah Perintah dari Pimpinan TNI AL, suatu kehormatan bagi Lanal Nias karena terpilih sebagai salah satu kesatuan yang diperintahkan untuk melaksanakan Latihan ini.

Kepulauan Nias rawan terhadap bahaya bencana alam gempa bumi maupun tsunami, oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan sangat apresiasi kepada Komandan Lanal Nias karena telah menggagas dan melaksanakan Latgulben tahun 2021.

Latgulben ini  melibatkan peserta dari seluruh stakeholder sebanyak 120  orang, nantinya peserta akan diberikan pelatihan dan mater-materi mengenai Penanggulangan Bencana Alam dari narasumber antara lain  Lanal Nias, BPBD, SAR dan Nakes, kemudian akan dilatihkan secara Parsial juga simulasi (praktek lapangan). Selama 5 hari mulai 06 s.d 10 September 2021.

Pada Upacara Pembukaan Gelar Kesiapsiagaan Latgulben hari ini bertempat di Lapangan Mako Lanal Nias. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH. MH. Turut Hadir mendampingi diantaranya Komandan Lanal Nias Kolonel Laut (P) Antonius Hendro Prasetyo, Dandim 0213/Nias diwakili Danramil 12/Telukdalam Mayor Inf Hatianus Zega, Kapolres Nias diwakili Kasat Sabhara Polres Nias AKP Benny Lase, Kapolres Nias Selatan diwakili Kabagops Polres Nias Selatan Kompol Juni Herimon Situmorang, SH., Kajari Nias Selatan diwakili Kasi Intel Kejari Nias Selatan Putra Dharma Pratama Zebua, Kakansar Gunungsitoli M. Agus Wibisono, Kalaksa BPBD Nias Faoziduhu Telaumbanua, Kalaksa BPBD Nias Selatan Idelis Dachi, S. Sos. MAP, Kalaksa BPBD Nias Utara Herman Zebua. S. Pd dan Kalaksa BPBD Nias Barat Filifo Daely.

Pasukan Upacara terdiri dari 1 Ton Lanal Nias, 1 Ton Kodim 0213/Nias, 1 Ton Polres Nias Selatan, 1 Ton Satpol PP Nias Selatan, 1 Ton BPBD dan Basarnas Kepulauan Nias, 1 Ton Dinas Kesehatan Nias Selatan, 1 Ton Masyarakat Nias Selatan dan 1 Ton Saka Bahari Lanal Nias.

Pada kesempatan itu Danlanal Nias menjelaskan bahwa Latgulben ini dalam rangka melatih kesiapsiagaan dari aparat maupun masyarakat didalam menghadapi bencana alam. Bagaimana koordinasi dari semua stakeholder pada saat terjadi bencana alam, sehingga dapat memberikan respon cepat terhadap penanggulangan bencana serta dapat meminimalisir dampak yang terjadi.

Latgulben ini juga nantinya akan dilatihkan pada Kabupaten lainnya di Kepulauan Nias seperti Nias Utara, Nias Barat, Nias Induk dan Kota Gunung Sitoli. Latgulben ini sebagai bahan awal pembuatan rencana kontinjensi penanggulangan bencana daerah di Nias Selatan.

Bupati Nias Selatan sangat apresiasi dan berterima kasih kepada Komandan Lanal Nias bersama BPBD, Basarnas dan Tenaga Kesehatan atas terlaksananya Latihan penanggulangan bencana alam ini.

Kegiatan berjalan aman dan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.(LanalNias/LM026)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *