Kilang RU II Sungai Pakning Raih Penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2023

Berita497 Dilihat

Laskarmedia.com. Sungai Pakning – PT. Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakninng raih penghargaan Indonesia Green Award (IGA) 2023 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Perindustrian RI. Acara tersebut diselenggarakan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Rabu (22/02). Turut hadir dalam malam penganugerahan IGA 2023, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, mengapresiasi seluruh pemenang ajang penghargaan IGA 2023 yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya sebagai pelopor pergerakan kepedulian lingkungan dan pelestarian alam serta turut memajukan dunia pariwisata Indonesia.

Penghargaan Indonesia Green Awards (IGA) 2023 kategori Pengembangan Wisata Konservasi Alam melalui program Revitalisasi dan Konservasi Kawasan Mangrove Permata Hijau diserahkan oleh Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden Velix Wanggai dan La Tofi selaku pendiri dan chairman La Tofi School of School of Social Responsibility.
Program yang selaras dengan SDGs No. 1,8 & 12 ini telah berhasil mengedukasi masyarakat untuk mengurangi aktivitas pembalakan liar, mengurangi emisi karbon melalui penanaman pohon bakau. Program ini juga terdapat beberapa inovasi yaitu inovasi TRIMBA (Triangle Mangrove Barrier) berupa pemecah gelombang alami yang memanfaatkan kayu nibung sebagai bahan utama, A-Pawon (Adaptable Pool With Auto Water Rotation) merupakan alat yang mendukung metode adaptasi ikan nila air asin yang bekerja dengan mengatur debit air laut yang masuk ke dalam kolam adaptasi disesuaikan dengan waktu pengadaptasian ikan, dan HSDS (Hybrid Solar Dryer System) berupa alat yang berbentuk lemari yang digunakan sebagai pengering ikan dengan memanfaatkan konversi energi biomassa dan surya menjadi energi termal yang dapat mempercepat proses pengeringan ikan dengan lebih efisien hingga 2 kali lebih cepat dan meningkatkan nilai jual ikan tersebut sebagai ikan kering dengan harga 3 kali lebih tinggi. Inovasi ini juga memanfaatkan energi terbarukan berupa solar cell untuk mendukung operasional HSDS secara maksimal.
Jr. Officer I Comrel & CSR PT KPI RU II Produksi Sungai Pakning, Rahmad Hidayat mengatakan program ini merupakan program yang telah diinisiasi lama dan berkelanjutan sehingga menjadi program yang memiliki impact besar seperti sekarang.
“Penghargaan ini merupakan hasil dari konsistensi perusahaan dalam mengembangkan konservasi mangrove melalui kegiatan mangrove education center sebagai program konservasi berbasis pemberdayaan masyarakat guna menciptakan kemandirian masyarakat. Kolaborasi stakeholder juga mendukung keberlanjutan program dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”jelasnya.
Manager Production PT KPI RU II Produksi Sungai Pakning, R. Moh Kun Tauchid menjelaskan program tanggung jawab sosial bagi masyarakat telah menjadi nilai penting perusahaan demi mewujudkan tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Perolehan KPI atas penghargaan tersebut sebagai bentuk implementasi ESG (Environmental, Social, Governance) perusahaan dengan turut berkontribusi kepada lingkungan, sosial, dan masyarakat .
“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas diraihnya penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pekerja, mitra kerja dan stakeholder Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning yang terlibat dalam pelaksanaan IGA 2023. Semoga melalui program ini dapat memberikan dampak positif dan kesejateraan bagi masyarakat, “Ucapnya.
Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Sekretariat Wakil Presiden, Velix Wanggai yang mewakili Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan selamat kepada para peraih penghargaa Indonesia Green Awards (IGA) 2023.(LM016).*