Keuchik Hendra Cipta Dilantik dan Diambil Sumpah

Berita82 Dilihat

Laskarmedia. com. Bireuen – Prosesi acara pelantikan keuchik Kuala  Raja Hendra Cipta diawali dengan mengumandang kan ayat suci Al Quran yang dilanjutkan dengan selawat badar, Jum’at 20 Oktober 2023 di Meunasah Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen.

Sementara sebelumnya Keuchik Baru Hendra Cipta dipeusijuk ( Tepung tawar) oleh Abati Bukhari dari Dayah Darul istiqamah Geulanggang Kota Juang Kabupaten Bireuen.

Peusijuk dilakukan sebagai sempena sekaligus mengambil berkah dan merupakan adat istiadat AcehAceh yang sudah melekat dan sudah dijadikan sempena bagi masyarakat.

Barulah Camat Kuala Erizal, S.TP resmi melantik Hendra Cipta Keuchik Gampong Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen .

Dan Camat Erizal meminta Peristiwa bersejarah sebab dengan pelantikan keuchik baru dan semua kita sebagai saksi dan perlu pengawasan. serta menjaga dan mengawal apalagi gampong kuala Raja ini pilot proyek .

Makanya harus seluruh warga mendukung dan mengawalnya , dan bila ada kelemahan bukan dibuli dan dicaci maki tetapi musyawarahkan dengan Tuha Peut dan aparatur pemerintah.

Jangan mengambil keputusan tergesa gesa karena tidak baik dan ada persoalan musyawarah dengan Danpospol, Dan Posramil serta Camat sehingga ada kesepakatan dalam satu keputusan yang bijak.

Informas Hendra Cipta dilantik setelah dinyatakan unggul dalam Pemilihan Keuchik Gampong Kuala Raja Kecamatan Kuala Kabupaten Bireuen .

Dan dalam kompetisi pemilihan terbuka pada Selasa 29/8/2023 lalu di Kuala Raja dan sebelum nya Tgk Sulaiman menjabat sebagai Pj Keuchik selama tiga bulan.

Teugku Sulaiman dilantik sebagai Pj Keuchik karena Keuchik Kuala Raja M Isa mengundurkan diri karena maju sebagai caleg DPRK Bireuen melalui kendaraan partai Nasdem Dapil 1 Bireuen Kecamatan Kota Juang – Kuala.

Hendra Cipta berhasil unggul setelah meraih sebanyak 194 suara, sedangkan untuk 2 rivalnya masing masing Ismadi Usman raih 150 suara dan Mahrisal sebanyak 97 suara.

Hasil penghitungan suara itulah diproses oleh pihak Kecamatan untuk pengesahan dan mendapatkan SK dari Bupati Bireuen serta pelantikannya.

Camat Kuala, Erizal, S.TP juga mengharapkan Pak Keuchik menjalankan tugasnya dengan baik, dan amanah dengan selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.

“Ketika kita mengedepankan proses musyawarah dan mufakat, Insya Allah semua tugas dapat terlaksana dengan baik,” sebutnya.

Camat berpesan, Keuchik harus mampu merangkul semua unsur perangkat Gampong dan juga harus mampu membangun kerjasama terutama di internal Gampong.

Selain itu tambah Camat Erizal , bila ada pergantian perangkat gampong harus sesuai aturan yang ada, keuchik harus melihat dulu kinerja perangkat gampong minimal 6 bulan, kecuali masa jabatannya sudah berakhir,” pesannya.

Namun bila ada beda pendapat ajaklah untuk musyawarah dengan Peutuha Peut Gampong dalam menyelesaikan suatu masalah, tegasnya .

Kechik Hendra Saputra dalam sambutannya berterima kasih kepada panitia, masyrakat dan semuanya baik yang sudah memilih saya maupun yang tidak yang jelas saya sudah menjadi Keuchik.

Untuk membangun dan memajukan Desa yang sudah pilot project harus kebersamaan untuk mencapai tujuan
.
Mari merajut dengan erat kebersamaan agar terpadu dalam kesatuan untuk membangun Desa yang tercinta.

Turut Hadir pada acara pelantikan Keuchik Gampong Kuala Raja Sekdes, Danramil, ketua kua, Peutuha Tuha Peut Perangkat Desa, panitia pemilihan Keuchik dan ibu Ketua PKK Kuala dan Ibu ibu PKK Desa kuala Raja serta para tamu undangan lainnya (Suherman Amin)