IPQAH Bireuen Laksanakan Tadarus Alqur’an

Berita682 Dilihat

Laskamedia. com. Bireuen – Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya oleh umat Islam seluruh dunia karena terdapat banyak kebaikan di dalamnya.

Tak ayal banyak umat Muslim di seluruh penjuru dunia berlomba-lomba untuk mencari kebaikan di bulan Ramadhan tak terkecuali di Aceh umumnya dan khususnya Kabupaten Bireuen.

Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, rahmah dan maghfirah. Pada bulan Ramadhan setiap Muslim diwajibkan untuk menjalankan Puasa Ramadhan .

Dan pada bulan ini amalan-amalan sunnah lainnya sangat dianjurkan untuk kesempurnaan Ibadah Puasa demi memelihara fahala yang berlipat ganda dan ampunan dari Allah SWT.

Begitu arti Hadits yang diriwayat Muslim. Salah satu amal kebaikan di bulan Ramadhan yang banyak dijalankan seorang Muslim adalah dengan Tadarus Al Quran baik itu di masjid, meunasah, mushalla maupun di balai-balai Pengajian atau Dayah/pesantren.

Dan tidak terkecuali pelaksanaan literasi tadarus yang dilaksanakan PD IPQAH Kabupaten Bireuen-Aceh- Indonesia di 4 titik lokasi di Kawasan Bireuen yaitu Masjid Agung Sulthan Jeumpa Bireuen, Musalla Almuhajirin Pendopo Bupati Bireuen, Meunasah Bandar Bireuen dan Meunasah Kulah Batee Bireuen.

Ketua Umum PD IPQAH Bireuen Dr. H. Jufliwan, SH. MM kepada media ini menyebutkan, Tim 1 Tadarus Al-Quran IPQAH adalah Dr Tgk H Jufliwan SH.MM; Tgk. M. Jihadul Ulya, Tgk. Ismail Ali, Tgk Khalilullah dan Tgk Roli Marhaban.

Kemudian Tadarus Rabu malam Kamis di Masjid Agung tim 1, Bale Meuligoe tim 2, Meunasah Kota tim 3. dan Kulah Batee tim 4.

Adapun Jumlah Tim tadarus Alquran IPQAH Bireuen adalah 10 Tim, setiap Tim terdiri dari 5 Orang Qari, maka berjumlah 50 orang Qari yang tampil dalam Tahun ini.

Dr Tgk H Jufliwan M Ali SH, MM kepada wartawan menyebut, Alhamdulillah Wasyukurillah pelaksanaan Literasi Tadarus Al Qur-an Ramadhan oleh PD IPQAH Kabupaten Bireuen selesai Shalat Tarawih berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah gaung suara Tadarus Al Quran bergema ke seantero pelosok dari alunan suara para tadarus yang dilantunkan para Qari IPQAH di empat titik pelaksanaan di Bireuen,” jelas Dr H. Jufliwan.

Menurutnya pelaksanaan Tadarus Al Qur’an atau kegiatan membaca Al Qur’an secara bersama memiliki banyak keuntungan.

Selain dapat menambah pahala yang berlipat ganda, juga mampu menenteramkan jiwa.

Karena sebagian fungsi alquran adalah Syifa Ulmukminin, obat bagi orang yang beriman.

Marilah para remaja berlomba-lomba Tadarus Al Quran di bulan Ramadhan ini Aamiin Ya Allah.
Untuk malam selanjutnya sampai malam 28 Ramadhan akan terus berjalan tadarus Alquran IPQAH Kabupaten Bireuen yang didukung oleh Pemda Bireuen melalui Dinas Syariat Islam dan Bagian Umum Setdakab Bireuen (LM067)

* JUFLIWAN *