Diduga Pakai PCR Swab Palsu, Penumpang Pesawat Diamankan di Bandara Kualanamu

Berita, Hukrim379 Dilihat
Calon penumpang pesawat Super Jet diamankan petugas Avsec dan Kepolisian Bandara Kualanamu karena diduga menggunakan PCR swab palsu.

Laskarmedia.com, Medan–Calon penumpang maskapai Super Jet, Desri Natalia Sinaga, gagal terbang ke Jakarta dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Selasa (19/10/2021) sore.

Pasalnya, calon penumpang tersebut diamankan petugas Avsec bandara bersama perwira pengawas (Panwas) Polsek Kawasan Bandara Kualanamu, Ipda Budi Sudarmono, kerena diduga menggunakan dokumen PCR swab palsu sebagai persyaratan untuk penerbangan.

Selain Desri, turut diamankan Ahmad, pria yang diduga kuat sebagai pihak yang membuat dokumen PCR swab palsu untuk meloloskan Desri terbang. Sesuai identitas yang disita darinya, Ahmad merupakan pegawai dari perusahaan travel King’s Star. Bersama mereka, juga diamankan Rahmadsyah Sirait, pegawai PT Sriwijaya Air yang bertugas di Bandara Kualanamu.

Dari hasil pengungkapan, sejumlah barang bukti disita berupa selembar dokumen PCR swab diduga palsu atas nama Desri Natalia Sinaga, ponsel, 3 lembar KTP dan kartu pass milik Ahmad dan Rahmadsyah Sirait.

Disebutkan, sekitar pukul 14.00 WIB, Desri sebagai calon penumpang pesawat mendatangi counter di Bandara Kualanamu untuk membeli tiket dan membuat dokumen lain. Tak lama, datang Ahmad menawarkan bantuan untuk pembuatan dokumen hasil swab PCR.

Saat Desri di SCP menuju ruang tunggu, petugas Avsec bernama Febriana mencurigai gerak- geriknya. Untuk membuktikan kecurigaannya, petugas memeriksa dokumen swab PCR yang dibawa penumpang tersebut.

Setelah diinterogasi, terungkaplah nama Ahmad dan Rahmadsyah Sirait. Seterusnya petugas Avsec dan kepolisian bandara membawa ketiganya ke tempat validasi KKP bandara untuk memastikan validasi swab PCR tersebut.

Setelah dikonfirmasi ke Klinik Jumadi sesuai dengan hasil laboratorium PCR, pihak Klinik Jumadi mengaku tidak ada mengeluarkan surat hasil PCR sesuai waktu dan nama yang tertera di dokumen.

Untuk menindaklanjuti kasus ini, ketiga orang tersebut berikut barang buktinya diserahkan ke Polsek Kawasan Bandara sebelum diserahkan ke Sat Reskrim Polresta Deli Serdang.

“Kejadiannya Selasa kemarin. Seorang penumpang tujuan Jakarta,” kata Novita Maria Sari, Assistant Manager Officer Branch Communication Angkasapura II Bandara Kualanamu dalam keterangannya, Rabu (20/10/2021). (LM-009)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *