UPTD SMPN 3 Bireuen,Terapkan Progam Sekolah Sehat  dan Sekolah Kota

Berita29 Dilihat

Laskarmedia. com. Bireuen — UPTD SMPN 3 Bireuen, telah menerapkan progam sekolah sehat dan Sekolah Kota yang sejalan dengan implementasi Gerakan Sekolah Sehat yang mengusung lima S (5S).

Prosesi penerapan progam tersebut dengan mengusung ‘ 5 S’
yaitu Sehat Gizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Mental, dan Sehat Lingkungan.

Kepala UPTD SMP Negeri 3 Bireuen, Ifwadi Thaib kepada wartawan Kamis 16 Mai 2024 menyebut, penerapan progam Sekolah Sehat  dan Sekolah Kota kepada seluruh komponen sekolah siswa-siswinya , dan dewan guru termasuk pegawai administerasi (struktural ).

Dijelaskan dampak asri dan nyaman dengan menerapkan Lima S(5S) pada sekolah, butuh kesabaran dan waktu ,yang harus dijalankan guru bersama.siswa siswinya,salah satunya setiap siswa dapat membawa” air minum” sendiri dari rumah lebih segar dari pada membeli air di sekolah.

Disebutkan selain hemat jajan juga lebih terjamin kebersihan dan mereka tidak melakukan bekas botol yang,dibuang sembarangan walaupun tempat sampah puluhan disediakan dalam komplek sekolah .

Selain itu tambah Ifwadi kegiatan ini melatih kebugaran, sportifitas, kemampuan berinteraksi, dan bekerja sama antarpelajar sehingga generasi sehat, cerdas, dan berkarakter dapat terwujud.

Begitu sehat gizi dianjurkan siswa siswi, sebelum ke sekolah harus “sarapan pagi”,biar segar jiwa sehat “minum air putih” dan sehat Fisik,waktu belajar di lokasi dan olah raga,selalu ceria apalagi sehat imunisasi tubuh para siswa dan dewan guru juga.

Nyaman dalam proses belajar mengajar yang diterapkan  Sekolah Sehat dan Sekolah Kota, dukungan dari wali murid sangat besar,agar anaknya “sehat jiwa”,fisik menjadi fokus dalam proses belajar mengajar yang dilakukan dewan guru sekitar tiga puluh sembilan orang itu,belum termasuk tenaga guru Bhakti, ungkap Ifwadi 

Penerapan Sekolah Sehat menuju Sekolah Kota, Manajemen dilakukan kepala sekolah semua siswa siswi,dewan guru dan tenaga lainya yang, berkerja di UPTD SMPN 3 Bireuen, dianggap “Warga Sekolah “,saling kerja sama memajukan pendidikan pada lembaga itu.

Terpisah sejumlah wali murid menyebut, apa yang diterapkan Alhamdulillah, kita dukung dan mengapresiasikan walaupun secara bertahap bermanfaat bagi siswanya dan guru termasuk wali murid.

Fokus Sekolah Sehat yang dilakukan itu adalah
Sehat Bergizi, sehat Fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa, dan sehat lingkungan.
(LM 302)