Tingkatkan Keahlian Umkm Kampar, PLUT KUMKM Provinsi Riau Adakan Pelatihan Pemanfaatan Lidi Sawit

Berita46 Dilihat

Kampar, Dalam rangka meningkat keahlia pelaku Umkm di Kabupaten Kampar, PLUT Kumkm Provinsi Riau menyelenggarakan Pelatihan pemanfaatan lidi sawit menjadi produk kreattif.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dilakukan selama tiga hari mulai dari tangg 20 sampai dengan tanggal 22 Mei 2024 di kantor Plut Kumkm Kabupaten Kampar yang dihadiri oleh pelauku umkm yang ada di kabupaten Kampar.

Dalam laporannya Kepala UPT Plut Kumkm Provinsi Riau, Tresiana Anom Sari, ST, MT., mengatakan bahwa tujuan diadakan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan pelaku umkm dalam mengolah bahan baku yang tidak termanfaatkan menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki nilai seni dan nilai ekonomis.

Tresiana Anom Sari juga melaporkan bahwa anggaran dana pelatihan pemanfaatan lidi sawit menjadi produk kreatif ini berasal dari APBD Dinas Perindagkop Provinsi Riau.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 20 orang yang dikhususkan bagi pelaku usaha yang memiliki bidang pemanfaatan lidi sawit ini.

Proses penyampaian materi pada kegiatan ini adalah proses belajar orang dewasa yang dikenal dengan pendekatan Partisipatory Andragogy. Methode yang dipergunakan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan Praktek dengan tenaga pengajar pada Pelatihan ini terdiri dari :
Konsultan UPT PLUT-KUMKM Provinsi Riau dan Konsultan Kabupaten Kampar.

Tresiana Anom Sari berharap pelaku umkm yang mengikuti pelatihan ini dapat bersunggu-sungguh dalam materi yang akan disampaikan pemateri nantinya.(LM-103)