Sentra Pangurangi Takalar Fasilitasi Screening Dan Operasi Katarak Gratis Bagi Lansia Di Kabupaten Aceh Utara

Berita39 Dilihat

Laskarmedia.com.Aceh Utara-Kementerian Sosial melalui Sentra Pangurangi Takalar menjadi salah satu satuan kerja yang bertugas melaksanakan rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 28 di Kabupaten Aceh Utara tepatnya di Kecamatan Langkahan.Minggu (28 Mei 2024)

 

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan antara lain pemeriksaan kesehatan umum dan screening bagi lanjut usia yang mengalami katarak untuk bisa mendapatkan penanganan operasi katarak gratis di RSUD Cut Meutia, Aceh Utara.

 

 

Sebanyak 174 lansia dimobilisasi dan difasilitasi transportasi untuk datang ke Puskesmas Langkahan dan Puskesmas Simpang Tiga pada tanggal 14-16 Mei 2024 untuk menjalani pemeriksaan kesehatan umum dan screening katarak.

Dari hasil pemeriksaan umum diketahui sebanyak 42 lansia didiagnosa katarak dan telah melanjutkan pemeriksaan biometri di RSUD Cut Meutia. Berdasarkan hasil screening biometri di RSUD Cut Meutia, terdapat 36 lansia yang dinyatakan memenuhi syarat untuk menjalani operasi katarak.

“Alhamdulillah dari ibu Menteri Sosial membuat Hari Lanjut Usia di Aceh Utara. Kami bisa menjalani operasi katarak gratis yang ditambahkan juga dengan bantuan nutrisi”. Ujar Sumarni, Lansia yang mengikuti operasi katarak gratis.

Pelaksanaan operasi katarak gratis kepada lansia telah dilaksanakan pada tanggal 28 Mei di RSUD Cut Meutia dan dilanjutkan pemeriksaan pasca operasi pada tanggal 29 Mei 2024. (TS)