Satgas Yonif 125/SMB Belajar Merajut Noken Bersama Mama – mama di Papua

Laskarmedia.com Kabupaten Mappi – Dalam Rangka Melestarikan Kearifan Lokal, Para Prajurit Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 125/SI’MBISA Dari Pos Bade Belajar Membuat Noken (Tas Rajut Khas Papua) Bersama Mama-Mama Di Kampung Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi. Sabtu (08/06/2024).

Hal tersebut disampaikan Danpos Bade Kapten Inf Samson RR. Marbun dalam keterangan tertulisnya di Kampung Bade, Senin (10/06/2024).

Danpos mengatakan prajurit satgas Yonif 125/SMB ingin mengetahui adat budaya masyarakat atau kearifan lokal yang tumbuh di Papua melalui cara membuat Noken Papua.

“kami harus melestarikan kearifan lokal dengan belajar membuat noken yang merupakan tas asli papua yang berbahan dasar dari kulit kayu atau benang wol. Selain itu kegiatan ini, juga sekaligus untuk menjalin keakraban dan silaturahmi dengan masyarakat,” ucap Danpos.

Mama Victoria Geasur, salah satu Mama-mama yang mengajarkan pembuatan Noken mengapresiasi upaya yang dilakukan satgas 125/SMB. “Kami senang melihat prajurit TNI yang antusias membuat noken dan dekat dengan masyarakat kampung Bade,” ungkapnya. (LM- 025)