oleh

Saluut…!!! Dalam 1 Malam Tim Gradak Satresnarkoba Polres Bangka Bekuk 3 Pengedar Sabu

Laskarmedia.com, Sungailiat Babel- Aksi gerak cepat Tim Gradak Satresnarkoba Polres Bangka boleh dibilang luar biasa dan di Apresiasi acungan dua jempol ibu jari.

Mengapa demikian…? Ya, karena hanya dalam hitungan 1 jam saja, Tim Gladak kembali berhasil mengamankan 3 orang pelaku bandar narkoba yang diduga melakukkan tindak pidana Narkotika jenis shabu di 3 Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang berbeda. Senin (12/9/2022).

Masing-masing ketiga orang pelaku yang ditangkap tersebut adalah, MR alias Grasak (41) warga Jalan Pahlawan 12 Kecamatan Belinyu dan SN Alias Akwang (37) warga Air Kenanga Sungailiat.

Sedangkan untuk tersangka yang satunya, FER Alias Afang warga Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka tertangkap setelah pengembangan dari tersangka SN Als Akwang .

Kasat Resnarkoba Polres Bangka, Iptu Deni Wahyudi, S.Sos., Seizin Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si., membenarkan bahwa Tim Gradak Satresnarkoba Polres Bangka telah berhasil menangkap 3 orang pelaku yang diduga melakukkan tindak pidana Narkotika jenis sabu.

“Penangkapan tersebut dilakukan di 3 TKP yang berbeda yaitu, dijalan Pahlawan 12 Kecamatan Belinyu. Di Kelurahan Air Kenanga Kecamatan Sungailiat serta di Desa Merawang Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka,” ujar Deni Wahyudi.

Dikatanya, dalam penangkapan pertama MR alias Grasak di rumah Jalan Pahlawan 12 Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka pada minggu (11/9/2022) jam 20.00 wib.

Ditemukan barang bukti 49 bungkus plastik bening kecil yang berisikan kristal warna putih diduga jenis shabu.
7 bungkus plastik bening besar yang berisikan kristal warna putih diduga narkotika jenis sabu dengan berat bruto 84,22 gram.

Dalam aksinya, pelaku Grasak melakukan transaksi jual beli sabu dengan cara melempar paket sabu ke beberapa titik sesuai pesanan pembeli.

Dari tindakannya pelaku dapat diduga melanggar Pasal 114 ayat 2 Subs Pasal 112 ayat 2 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk penangkapan pelaku yang kedua Akwang lanjut Deni Wahyudi, dilakukan di rumah kediaman pelaku
Jalan Harapan Kelurahan Kenanga Kecamatan. Sungailiat Kabupaten Bangka, pada Minggu (11/9/2022) sekitar jam 2.30 WIB.

Dari hasil penangkapan pelaku didapatkan Barang Bukti berupa 5 bungkus plastik bening yang berisikan kristal warna putih diduga jenis shabu dengan berat Bruto 53,00 gram.

Saat dilakukan introgasi secara intensif oleh penyidik pada hari Senin (12/9/2022) sekitar jam 14.30 wib kepada pelaku, dirinya mengaku masih menyimpan sabu di tempat tumpukkan sampah di samping rumahnys.

Dari pengakuan tersebut, Tim Gradak Satresnarkoba Polres Bangka berhasil menemukan kembali barang bukti 30 bungkus plastik bening yang dimasukan ke dalam sedotan plastik warna merah dan hijau yang berisikan kristal warna putih diduga narkotika jenis shabu.

Juga ditemukan 2 bungkus plastik bening yang dibaluti dengan tissu yang berisikan kristal warna putih yang di duga narkotika jenis sabu. Total dengan berat bruto 17 gram.

Ia menambahkan, dari hasil pengakuan atau keterangan pelaku Akwang bahwa barang haram itu diperoleh dari
Afang yang tinggal di Desa Merawang.

Mendapat pengakuan Akwang, Tim Gradak langsung bergerak cepat mencari keberadaan Afang. Tidak butuh waktu lama, Tim Gradak pun berhasil menangkap pelaku yang ke tiga, Afang, berikut mendapatkan barang bukti berupa narkotik jenis shabu seberat 0.2 gram.

Lebih jauh Deni Wahyudi menyebutkan, ada pun modus operandi yang dilakukan pelaku Akwang dan Afang dalam melakukan transaksi jual beli narkotika jenis sabu, yakni dengan cara mereka ketemu langsung dengan para pembelinya di rumah pelaku.

Atas kejadian ini pelaku dapat di duga melanggar Pasal 114 ayat 2 jo pasal 132 Subs Pasal 112 ayat 2 jo pasal 132 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Jumlah Barang Bukti sabu dari hasil kedua penangkapan dan satu dari hasil pengembangan tersebut, dengan berat bruto 137.24 gram,” tukas Deni Wahyudi.(LM-136).