oleh

Petani Labura Temukan Benda Peninggalan Bersejarah di Ladangnya

-Daerah, Iptek-99 Dilihat

Laskarmedia.com, Medan– Darpin Ritonga (38), petani yang berdomisili di Dusun III, Batu Sinanggar, Desa Meranti Omas, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sumut, menemukan sebuah patung yang diduga merupakan peninggalan bersejarah di ladangnya, Rabu (29/9/2021) lalu. Dia juga menemukan benda lainnya.

Kepada pers, Minggu (3/10/2021), Darpin menyebutkan, sebelumnya telah menemukan sebuah mangkok kuno di lokasi yang sama. “Patung itu saya temukan di ladang Rabu lalu. Beratnya sekitar 50 kilogram dan tingginya sepinggang atau sekitar antara 70-80 centimeter,” katanya.

Dia mengatakan, menurut cerita para orang tua, di tempat itu pernah ada kerajaan, tetapi dia tidak mengetahui pasti kerajaan itu. Arca yang dia temukan juga sudah dilaporkan ke pihak terkait.

Adapun mangkok yang juga diduga kuno dengan berat 7,5 ons, dia belum bisa memastikan terbuat dari apa. Namun di sebagian sisinya seperti ada kilauan mirip emas. Setelah dibawa ke toko emas untuk memastikan ada emasnya atau tidak, oleh pihak toko dinyatakan tidak ada logam maupun emas.

Darpin menambahkan, mangkok yang ditemukan tersebut memiliki sebuah penutup. Saat ini mangkok itu masih dia simpan.
(LM-009)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.