Pertamina RU II Sungai Pakning Raih Penghargaan Nusantara CSR Award 2023

Berita92 Dilihat

Sungai Pakning – PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit II Sungai Pakning raih penghargaan Nusantara CSR Award (NCSRA) 2023 yang diselenggarakan oleh La Tofi School of CSR. Acara tersebut diselenggarakan di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta pada Rabu (05/06) dengan tema Incorporating SDGs memperoleh sambutan luas di kalangan dunia usaha. Turut hadir dalam penganugerahan Nusantara CSR Awards 2023, Tim Ahli Sekretaris Nasional SDGs Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Yanuar Nugroho, Senior Advisor Social Investment Indonesia, jalal, dan Ketua Umum Independen Pekerja Sosial Profesional Indonesia, Puji Pujiono.

Chairman La Tofi School of Social Responsibility , La Tofi mengatakan pemberina penghargaan Nusantara CSR Awards kali ini didahului penyelenggaraan Kongres Nasional CSR dan SDGs 2023 untuk menciptakan pemahaman bagaimana perusahaan dapat secara aktif berpartisipasi mensukseskan SDGs yang sudah dipetakan oleh pemerintah.
“Pemerintah tidak akan bisa merealisasikan tujuan-tujuan dari SDGs sendirian dan perusahaan menjadi factor krusial,” jelas Yanuar.
Penghargaan Nusantara CSR Award (NCSRA) 2023 kategori Air Bersih dan Sanitasi Layak melalui Program Sungai Gambut Berseri (Bersih, Sehat, dan Mandiri) diserahkan oleh La Tofi selaku pendiri dan chairman La Tofi School of Social Responsibility.
Jr. Officer I Comrel & CSR PT KPI RU II Produksi Sungai Pakning, Rahmad Hidayat mengatakan program ini merupakan program yang telah diinisiasi lama dan berkelanjutan sehingg menjadi program yang memiliki impact besar seperti sekarang.
Rahmad Hidayat menjelaskan, Program ini dilatar belakangi oleh salah satu Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Siak yang melewati Kabupaten Bengkalis dan bermuara di Selat Bengkalis, telah mengalami degradasi kualitas air sebagai sumber air baku untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat.
Diketahui air gambut memiliki warna keruh dan tingkat keasaman yang tinggi, sehingga penggunaanya tanpa pemrosesan dapat berdampak buruk bagi masyarakat. Pembuangan sampah dan limbah rumah tangga juga berkontribusi terhadap kondisi air sungai yang tidak layak digunakan. Untuk mengatasi permasalahan ini, PT KPI Unit Sungai Pakning melalui Program Sungai Gambut Berseri melaksanakan pengembangan Kampung Inovatif Berbasis Pengelolaan Sungai Terpadu untuk meningkatkan kualitas air gambut menjadi air bersih dengan instalasi Filtrasi Air Gambut (FILAGAM) yang telah terdaftar dengan nomor paten P00202107881, pengolahan air minum melalui Reverse Osmosis (RO), Budidaya ikan air tawar dan penghijauan pekarangan rumah. Program ini juga melibatkan aktor kunci seperti Andi Syahputra, yang merupakan local hero karena pengaruhnya yang besar terhadap program dan kemampuannya dalam menggerakkan masyarakat.
Manager Production PT KPI RU II Produksi Sungai Pakning, R. Moh Kun Tauchid mengatakan penghargaan yang diraih oleh PT KPI Unit Sei Pakning dalam Nusantara CSR Award 2023 melalui Program Sungai Gambut Berseri tidak hanya memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat, tetapi juga menjaga lingkungan dan memperkuat hubungan antara perusahaan dan komunitas sekitarnya.
“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas diraihnya penghargaan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua pekerja, mitra kerja dan stakeholder Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning yang terlibat dalam pelaksanaan Nusantara CSR Award 2023. Semoga melalui program ini dapat memberikan dampak positif dan kesejahteraan bagi masyarakat,”Ucapnya.. Lm-016