oleh

Pertajam Pencegahan Stanting KPM Betung Dibekali E-HDW

-Daerah-60 Dilihat

Laskarmedia.com- Banyuasin: Sebanyak 40 orang Peserta Pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM) di kecamatan betung, Kabupaten Banyuasin mengikuti pelatihan Kader Palaksanaan konvergensi pencegahan stunting di desa melalui Penguatan Kader Pembagunan Manuasi di Aula Kantor camat Betung , jumat (01/10/2021) .

Camat Betung, M.Sobir, S.Sos mengatakan desa sebagai ujung tombak pembangunan memiliki peran penting untuk mendukung terciptanya pembangunan nasional yang menyeluruh.

“Undang-undang No.6 tahun 2014 memberi mandat dan peran yang lebih luas kepada pemerintah desa dalam mengelola urusan pemerintah dan pembangunan serta memberikan kewenangan yang lebih besar kepada unsur-unsur pemerintahnya. Dengan demikian, desa diharapkan menjadi suatu entitas yang berdaya dan mandiri yang pada akhirnya dapat berkontribusi dalam membangun Indonesia,” ungkapnya.
Dirinya menuturkan proses pembangunan di Indonesia memiliki tantangan, salah satunya yakni masalah stunting. Melalui kegiatan ini beliau berharap pelatihan penguatan kapasitas pembangunan manusia dalam penanganan konvergensi stunting di tingkat desa menciptakan sumber daya manusia yang semakin berkualitas.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (Korkab TPP) kabupaten Banyuasin, Nurahwati, SH mengatakan bahwa pencegahan  stunting memerlukan aksi nyata yang melibatkan pemberdayaan masyarakat desa melalui Kader Pembangunan Manusia (KPM).
“Kader Pembangunan Manusia bersinergi dengan aparat desa dan tenaga kesehatan dalam mengintervensi program konvergensi stunting di tiap desa. Mereka adalah motor penggerak konvergensi stunting. Sehingga perlu dilakukan peningkatan kompetensi agar memiliki pengetahuan dini terhadap ciri-ciri stunting serta penangannannya. Selain itu, mereka juga nanti akan dibekali pengetahuan mengenai penggunaan aplikasi eHDW,” ungkapnya.

Kegiatan ini tetap mematuhi pertokol kesehatan, yang dihadiri oleh Camat Betung, Dinas PMD diwakili Kasi Keuangan Desa Suparman, Se Sekcam, Kasi PPDK, Korkab Nurahwati SH, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kabupaten Banyuasin Soni, Rismarini, S.Pd, Nursiah, Leni dan Indra Faisal serta Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa. (LM-036)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.