Kegiatan Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang/Puti Bungsu Sukses Dilaksanakan

Berita, Hiburan, Iptek, Ragam455 Dilihat


Laskarmedia.com, Agam – Sumbar —
Nagari Sungaipuar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat sukses melaksanakan kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Pemangku Adat Minang Sumatera Barat.

Kegiatan ini juga melibatkan para generasi muda khusus kaum hawa, yang disebut Puti Bungsu dengan tujuan supaya para generasi penerus bisa memahami tatanan bermasyarakat di alam Minangkabau Provinsi Sumatera Barat.

Menurut penjelasan narasumber Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto ( budayawan adat minang kabau ) menjelaskan bahwa masyarakat Sumatera Barat khususnya para generasi muda sangat banyak tidak memahami tatanan kehidupan di alam Minangkabau.

Melalui pelatihan peningkatan Kapasitas pemahaman Budaya Alam Minangkabau hal ini Musra Dahrizal Katik Rajo Mangkuto sebagai Narasumber berharap keseluruhan Nagari yang ada sebanyak 1158 di Sumatera Barat rutin mengadakan pelatihan dalam satu tahun sekali, tentang tatanan Adat Minangkabau agar kehidupannya budaya alam Minangkabau dapat selalu di pertahankan.


Berdasarkan hasil wawàcara dengan salah seorang tokoh adat Zulkhairi Datuak Sagalo Basa menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Nagari Singapuar khsusnya dan warga Minangkabau Sumatra Barat umumnya, pasalnya akhir akhir ini sudah banyak kejadian yang melanggar tatanan Adat Minang Kabau seperti adanya perkawinan sesama suku (badunsanak), hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman tentang aturan Adat Minangkabau bahwa tidak boleh kawin/menikah satu suku.

Bapak Sabirun S.AP sebagai Camat Palembayan yang baru dilantik juga menyampaikan tentang pentingnya patihan-patihan Adat Minangkabau dilaksanakan di tiap Nagari untuk meningkatan kwalitas pengetahuan generasi muda dibidang adat dan Walinagari terpilih Yulifsonneri AMD juga menjelaskan bahwa dalam penyusunan RPJM nantinya Pemerintah Nagari akan berupaya mengalokasikan Anggaran setiap tahun nya dan sekaligus akan meminta para Ninik Mamak yang ada di Nagari Sungaipuar dapat kiranya berperan Aktif untuk memberikan wejangan terhadap seluruh kaumnya. (LM-158)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *