Kadis Nakertrans Nagekeo Membuka Pelatihan Kerja Di BLKK Yapersukna

Berita, Iptek551 Dilihat

Laskarmedia.comMBAY-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Nagekeo Aurelio Assan membuka secara resmi Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Computer Operator Assistant di Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Yapersukna Mbay, Kamis 11 Agustus 2022.

Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) adalah unit pelatihan pada suatu komunitas di lembaga Keagamaan Non Pemerintah serta Konfederasi/Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang bertujuan memberikan bekal keterampilan tekhnis berproduksi atau keahlian kejuruan sesuai kebutuhan dasar kerja.

Tahun 2022 ini, BLKK Yapersukna kembali mengadakan pelatihan sebanyak 16 orang peserta yang sudah dimulai sejak tanggal 05 Agustus kemarin dan acara pembukaannya baru diselenggarakan Kamis 11 Agustus 2022.

Kegaiatan pelatihan/kursus komputer ini bertujuan antara lain Meningkatkan daya saing tenaga kerja putra – putri Nagekeo agar nantinya lebih kompetitif dalam dunia kerja, Mempermudah akses menciptakan lapangan kerja bagi peserta dan meningkatkan kemampuan memanfaatkan komputer bila memasuki dunia kerja.

“Pengetahuan tentang IT di zaman ini begitu penting seperti sebuah kalimat bijak mengatakan bahwa ” Siapa yang menguasai IT dialah yang memenangkan peperangan”.Artinya perkembangan dunia kerja saat ini sudah sangat pesat. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa segala pekerjaan sekarang sudah menggunakan sistem digitalisasi, dan penemuan terbesar di abad ini adalah komputer. Inilah yang merubah perilaku manusia yang berpengaruh sampai ke semua sendi kehidupan”.terang Aurelio Assan.

Selain itu lanjut Aurelio, dengan adanya pelatihan keterampilan komputer tersebut dapat membantu meningkatkan kompetensi maupun skill angkatan kerja baru, untuk dapat bersaing di pasar kerja.

“Saat ini, dalam dunia usaha maupun industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi mumpuni dalam bidang IT. Adik – adik yang mengikuti pelatihan ini nantinya selain memperoleh pengetahuan, juga akan dibekali dengan sertifikat pelatihan sebagai syarat masuk dunia kerja”.paparnya.

Aurelio mengharapkan kepada 16 peserta pelatihan untuk bersungguh-sungguh mengikuti secara baik dan cermat selama pelatihan tersebut berlangsung, disiplin dan ikuti semua arahan pelatih.

“Harapan saya kepada adik-adik, ikuti sungguh – sungguh, sehingga anda semua memiliki skil tentang pengoperasian komputer, sebagai bekal di dunia usaha maupun dunia industri kelak, untuk menata kehidupan di masa yang akan datang”.pesannya.

Diketahui, sejak beroperasi tahun 2019 sampai saat ini, BLKK Yapersukna telah menghasilkan ratusan angkatan kerja baru dan beberapa dari mereka ada yang sudah bekerja, dan sebagiannya melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi.

Kegiatan pelatihan ini terselenggara atas kerjasama dengan BLK Lombok Timur sebagai BLK Pembina Bali – Nusra.

Instruktur BLKK Yapersukna Yohanes Sumbi menuturkan, sejak 2019 Yapersukna telah bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia. Setiap angkatan dapat bantuan dana sebesar 50 juta rupiah dari Kemenaker.

Berkaitan dengan sarana dan prasarana kata Yohanes Sumbi sudah cukup, dan anggaran 50 juta rupiah digunakan untuk biaya operasional.

“Karena para peserta pelatihan gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Maka setiap angkatan dapat bantuan dana sebesar 50 juta rupiah. Dan BLKK hanya menyiapkan tenaga kerja siap pakai. Menyangkut dengan tempat kerja tergantung permintaan dari dunia usaha maupun industri ke para tenaga kerja tersebut. Namun setiap peserta dibekali dengan sertifikat pelatihan di BLKK sebagai salah satu syarat masuk di dunia kerja”.tutup Sumbi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut,Ketua Yapersukna RD. Basilius Lewa dan Vikep Mbay RD Aster Lado.LM/132

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *