Jelang Ramadhan dan Upaya Penanganan Inflasi, DKP Gelar Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor

Berita35 Dilihat


Laskarmedia.com BENGKALIS – Sebagai salah satu upaya dan langkah dalam penanganan Inflasi, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan Gerakan Pangan Murah, di halaman kantornya, Rabu, 6 Maret 2024.

Kepala DKP Bengkalis, Susy Hartati menyebutkan bahwa Gerakan Pangan Murah juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat agar mendapatkan ketersediaan bahan pokok yang terjangkau. Terlebih bahan komoditi saat ini sedikit mengalami kenaikan, akan tetapi pemerintah tetap berupaya melakukan terobosan sehingga situasi pasar dapat stabil.

“Kegiatan ini juga kita lakukan dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri, sehingga kita harapkan masyarakat dapat sedikit terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini dan kedepannya kita akan berupaya tetap melakukan program ini ke sejumlah wilayah di Kabupaten Bengkalis,” ujar Susy yang kala itu turut didampingi Kabag Ekonomi Setda Bengkalis, Khairi Fahrizal.

Beliau juga menyebutkan DKP saat ini telah melakukan sebuah program Aksi Kamis SIAGA alias Siap Amankan Harga bekerjasama dengan Bulog. Dimana setia hari Kamis DKP akan turun ke desa-desa membawa komoditi beras dengan harga di bawah pasar.

“Kita juga membuka, jika desa-desa ingin dikunjungi untuk di stabilisasi harga khususnya beras, silahkan hubungi kami di Dinas Ketahanan Pangan,” sebutnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi juga menanggapi trobosan terkait penanganan inflasi di Kabupaten Bengkalis dan menyebut bahwa program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bengkalis diharapkan mampu menjadi penetral harga komoditi di tengah-tengah masyarakat.

“Terlebih di masa-masa puncak lonjakan kebutuhan masyarakat meningkat, otomatis harga komoditi akan mengalami kenaikan. Sehingga pemerintah mengambil peran agar harga bahan pangan dapat tetap stabil meski situasi harga pasar mengalami peningkatan,” ungkap Khairi.

Kepala DKP dan Kabag Ekonomi juga menghimbau agar masyarakat dapat mengontrol diri dengan tidak membeli berdasarkan keinginan, tetapi membeli berdasarkan kebutuhan.

“Pemerintah Kabupaten Bengkalis, di masa Kepemimpinan Bupati Bengkalis Ibu Kasmarni dan Wabup Bapak Bagus Santoso, tetap akan berupaya menjaga kestabilan pangan dan meminimalisir dampak inflasi di daerah yang kita cintai ini,” pungkas Kepala DPK, Susy Hartati.

Berdasarkan pantauan, berbagai jenis barang dijajakan di halaman kantor DKP saat itu, diantaranya beras bulog, telur, minyak goreng, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Ramai masyarakat berdatangan dan memanfaatkan kegiatan ini, untuk membeli sejumlah barang yang di jaja di halaman kantor DKP tersebut.Lm-016.