Diduga 3 Pejabat Penting Di Nagekeo Siap Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Pasar Danga

Berita3316 Dilihat

Laskarmedia.com, MBAY-Kasus penghilangan 4 unit gedung pasar Danga- Mbay Kabupaten Nagekeo tahun 2019 terus mengalami peningkatan dalam proses hukumnya hingga November tahun 2022.

Setelah dilakukan penyelidikan hingga ke penyidikan, Polres Nagekeo melalui Kasat Reserse Kriminal Iptu Rifa’i siap menetapkan para tersangka yang diduga menyeret 3 pejabat penting di Nagekeo.

Diduga ketiga pejabat teras Nagekeo melakuan korupsi atas penghapusan aset daerah tanpa ada prosedur (non prosedural) serta membuat catatan laporan pembukuan palsu.

“Untuk kasus penghilangan 4 unit gedung pasar Danga tanpa prosedur itu adalah perbuatan melawan hukum, dan diduga dilakukan oleh pelaku kejahatan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara. Sama persis perbuatan melawan hukum saat pengalihan aset lahan Malasera tanpa melalui persetujuan DPRD Nagekeo. Begitupun kasus pasar Danga, tanpa melalui usulan dari Kadis Koperindag, diestimasi oleh Sekda dan disetujui oleh Bupati sebelum dilakukan pemusnahan. Oleh karena itu kita akan tetapkan 3 tersangka yang diduga para pejabat teras Nagekeo karena telah melanggar Permendagri tentang prosedur penghapusan aset daerah. Dan perbuatan tersebut dilakukan secara sengaja dan melawan hukum yang mengakibatkan kerugian negara. “Terang Iptu Rifa’i Selasa 01 November 2022.

Lanjut Iptu Rifa’i, kasus pasar Danga tersebut sudah dalam pengawasan Tipikor Bareskrim dan Kordinator Khusus (Korsus) KPK bagian wilayah Polda NTT. Bahkan menurut Iptu Rifa’i, pihaknya sudah menyerahkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP).

” Dan kasus ini SPDP-nya telah diserahkan ke Tipikor Bareskrim sehingga tidak tumpang tindih dalam penanganannya”.tutup Iptu Rifa’i.(LM/132).