Babinsa Koramil 0204-20/Talun Kenas Gelar Tagana Bersama Warga Kuta Jurung

Laskarmedia.com STM Hilir – Babinsa Koramil 0204-20/Talun Kenas, Kodim 0204/Deli Serdang, Serka Mangku Sitepu menggelar kegiatan Tagana (Tanggap Bencana) di Desa Kuta Jurung, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/5/2024).

Dalam kegiatan ini, Babinsa memelopori perangkat desa dan warga setempat untuk bergotong-royong membersihkan kiri-kanan badan jalan desa.

“Kegiatan Tagana bersama warga ini penting untuk menjaga kondisi lingkungan sekitar terutama pada saluran drainase, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” jelas Serka Mangku Sitepu.

Saluran drainase yang kumuh akan menjadi masalah bagi warga. Mulai dari polusi udara (bau), memicu banjir genangan saat hujan akibat aliran air tersendat hingga menjadi tempat berkembangbiaknya jentik nyamuk yang menjadi sumber penyakit demam berdarah.

“Itulah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, terutama saluran drainase di sekitar kita. Karena kondisi lingkungan yang buruk akan ikut menurunkan derajat kesehatan warga di sekitarnya,” pungkas Serka Mangku Sitepu.

Kegiatan Tagana antara Babinsa dan warga dilanjutnya dengan membersihkan badan jalan desa sepanjang 100 meter menuju Kantor Desa Kuta Jurung. (LM- 025)